Partai Demokrat (Tiongkok)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Partai Demokrat
民主黨
KetuaTang Hualong
Dibentuk27 September 1912 (1912-09-27)
Dibubarkan29 Mei 1913
Digabungkan denganPartai Progresif
IdeologiLiberalisme konservatif
Monarki konstitusional
Unitarisme
Posisi politikKanan tengah

Partai Demokrat (Hanzi: 民主黨) adalah partai politik berumur pendek pada awal periode Republik Tiongkok dari tahun 1912 hingga 1913.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Partai ini dibentuk oleh sekelompok politisi dari Gerakan Konstitusi Qing Akhir pada 27 September 1912 di Beijing setelah melihat Partai Nasionalis (Kuomintang) dan Partai Republik muncul di Senat Sementara (Pemerintahan Republik Sementara). Tang Hualong diangkat menjadi Ketua, tetapi dalam praktiknya Liang Qichao yang menjadi pemimpin partai ini. Fraksi radikal memisahkan diri pada 3 November 1912, karena Partai Demokrat mendukung sikap pemerintah mengenai Perjanjian Rusia-Mongolia.[1]

Partai Demokrat, Partai Persatuan dan Partai Republik, ketiganya kemudian digabung menjadi Partai Progresif di bawah pimpinan Liang Qichao untuk mengimbangi dominasi Kuomintang di Majelis Nasional. Selanjutnya Partai Progresif menjadi partai unggulan yang pro-Yuan Shikai.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Zhang, Yufa (1985). 民國初年的政黨 [Minguo chu nian de zheng dang]. Institute of Modern History, Academia Sinica. hlm. 102–108.