Partai Republik, Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Partai Republik
共和黨
KetuaLi Yuanhong[1]
Dibentuk9 Mei 1912 (1912-05-09)
Dibubarkan29 Mei 1913
Digabungkan dariAsosiasi Progresif Nasional
Asosiasi Persatuan Tiongkok
Partai Persatuan
Digabungkan denganPartai Progresif
IdeologiKonservatisme
Nasionalisme Tiongkok
Unitarisme
Statisme
Republikanisme
Posisi politikSayap kanan

Partai Republik (Hanzi sederhana: 共和党; Hanzi tradisional: 共和黨; Pinyin: gònghédǎng; Wade–Giles: Kung-ho-tang) adalah partai politik berumur pendek pada era Republik Tiongkok dari tahun 1912 hingga 1913.

Partai ini dibentuk pada 9 Mei 1912 di Shanghai oleh kelompok-kelompok politik yang menentang Tongmenghui dan Partai Nasionalis (Kuomintang).[2]

Partai Republik, Partai Persatuan dan Partai Demokrat, ketiganya kemudian digabung menjadi Partai Progresif di bawah pimpinan Liang Qichao untuk mengimbangi dominasi Kuomintang di Majelis Nasional.

Ideologi[sunting | sunting sumber]

Ideologi partai ini didasarkan pada pemikiran Jean-Jacques Rousseau dan tujuannya adalah untuk "menjunjung tinggi persatuan, politik republik yang bersifat progresif guna mencapai kesejahteraan rakyat."[3] Dengan demikian menganjurkan pemerintah pusat untuk memastikan persatuan dan kemajuan masa depan Tiongkok. Partai Republik juga mendukung kebijakan luar negeri yang damai.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Xue, Jundu (1961). Huang Hsing and the Chinese Revolution, Volume 20. Stanford University Press. hlm. 139. 
  2. ^ Boorman, Howard L.; Howard, Richard C., ed. (1970). Biographical Dictionary of Republican China, Volume 3. Columbia University Press. hlm. 95. 
  3. ^ Zhang, Yufa (1985). 民國初年的政黨 [Minguo chu nian de zheng dang]. Institute of Modern History, Academia Sinica. hlm. 89. 
  4. ^ Ch'en (1972), hlm. 112.