Parigi Barat, Parigi Moutong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Parigi Barat
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Sulawesi Tengah
Kabupaten Parigi Moutong
Pemerintahan
 • Camat -
Luas 82,9 km²
Jumlah penduduk 6.769 jiwa (2009)
Kepadatan 82 jiwa/km² (2009)
Desa/kelurahan 5 desa

Parigi Barat adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kec. Parigi Barat memanjang dari utara ke selatan dengan panjang ± 69 km dengan lebar dari timur ke barat ± 13 km. Wilayah ini terletak di antara 121 dan 122 Bujur Timur, 1 Lingkaran Selatan dan terbentang menjulur di sebagian pantai timur Teluk Tomini dengan luas wilayah ±82,9 km² dengan batas-batas geografis sebagai berikut:

Utara Kecamatan Parigi Tengah
Selatan Kecamatan Parigi Selatan
Barat Kabupaten Donggala
Timur Kecamatan Parigi

Keadaan tanah di Kec. Parigi Barat terdiri dari dataran dengan ketinggian di atas permukaan air laut 0–35 meter. Sumber daya alam yang paling menunjang penghasilan penduduk Kecamatan Parigi Barat adalah tanah yang subur yang dimanfaatkan untuk pertanian khususnya tanaman perkebunan.

Pembagian wilayah[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Parigi Barat secara administratif terdiri dari 5 desa, yang semuanya termasuk dalam kategori desa definitif. Seluruh desa tersebut dapat ditempuh melalui darat dan dapat dilalui dengan kendaraan roda empat. Kelima desa tersebut adalah:

  1. Desa Baliara
  2. Desa Baliara
  3. Desa Jono Kalora
  4. Desa Kayuboko
  5. Desa Parigimpuu

Dari 5 desa yang ada, dibagi wilayahnya menjadi 15 dusun dan 35 RT.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Jumlah penduduk Kecamatan Parigi Barat tahun 2009 tercatat sejumlah 6.769 jiwa. Dengan luas wilayah 82,9 km², maka kepadatan penduduk di daerah ini sebesar 82 orang/km². Kepadatan penduduk tertinggi terdapat di Desa Baliara yaitu 205 jiwa/km².

Dengan jumlah rumah tangga sebanyak 1.573, Kec. Parigi Barat mempunyai rata-rata penduduk per rumah tangga sebanyak 4 jiwa/rumah tangga. Menurut jenis kelamin, jumlah penduduk laki-laki di Kecamatan Parigi Barat ngtercatat sejumlah 3.504 jiwa dan perempuan 3.265 jiwa. Rasio jenis kelamin diperoleh dengan membandingkan jumlah penduduk laki-laki dengan penduduk perempuan dikalikan 100. Rasio jenis kelamin di Kecamatan Parigi Barat mencapai angka 107, yang artinya dari seratus penduduk perempuan terdapat 107 penduduk laki-laki.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Fasilitas tingkat pendidikan formal yang ada di Kecamatan Parigi Barat pada tahun 2009 masing-masing tercatat TK/PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sebanyak 5 unit, SD/MI 8 unit, SLTP/MTs 3 unit dan SMU/MA belum tersedia.

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Di wilayah ini tidak tersedia Puskesmas, namun ada 1 unit Puskesmas Pembantu, dengan jumlah tenaga kesehatan yang bertugas pada fasilitas kesehatan sebanyak 7 orang, ditambah dengan dukun bayi menjadi 17 orang.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]