Pari air tawar raksasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pari air tawar raksasa
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Superordo:
Ordo:
Subordo:
Superfamili:
Famili:
Subfamili:
Genus:
Spesies:
Urogymnus polylepis

Bleeker, 1852
Kisaran geografis (tidak termasuk populasi yang tidak dipastikan masih ada dan/atau sejenis)[1]
Sinonim
  • Himantura chaophraya Monkolprasit & Roberts, 1990
  • Trygon polylepis Bleeker, 1852
  • Himantura polylepsis (Bleeker, 1852)

Pari air tawar raksasa[2] atau Pari sungai raksasa[3] (latin: Urogymnus polylepis, juga dikenal luas dengan sinonim juniornya yakni Himantura chaophraya) adalah spesies ikan pari dalam keluarga Dasyatidae. Ikan ini ditemukan di sungai-sungai besar dan kuala di Asia Tenggara dan Kalimantan, meskipun secara historis penyebarannya mungkin lebih luas di Asia Selatan dan Tenggara. Ikan air tawar terbesar dan juga ikan pari terbesar di dunia ini dapat tumbuh hingga 2,2 m dan beratnya dapat mencapai 300 kg. Ia memiliki cakram sirip dada berbentuk oval yang relatif tipis dan paling lebar di bagian anterior, dan moncongnya runcing tajam dengan ujung yang menonjol. Ekornya tipis dan seperti cambuk, serta tidak memiliki lipatan sirip. Ikan ini berwarna coklat keabu-abuan di bagian atas dan putih di bagian bawah, bagian bawah sirip dada dan sirip perut mempunyai garis-garis lebar dan gelap yang khas di tepi posteriornya.

Deskripsi Fisik[sunting | sunting sumber]

Pari air tawar raksasa yang diawetkan, memperlihatkan ciri khas bentuk cakramnya.

Ikan ini memiliki cakram sirip dada yang tipis dan berbentuk oval sedikit lebih panjang dari lebarnya dan paling lebar ke arah depan. Moncongnya yang memanjang memiliki dasar yang lebar dan ujung runcing yang menonjol di luar cakram. Matanya kecil dan jaraknya lebar, di belakangnya ada spirakel besar. Di antara lubang hidung terdapat tirai kulit pendek dengan pinggiran posterior yang halus. Mulut kecil membentuk lengkungan lembut dan berisi empat hingga tujuh papila (dua hingga empat besar di tengah dan satu hingga empat kecil di samping) di dasar. Giginya yang kecil dan bulat disusun menjadi pita seperti trotoar. Terdapat lima pasang celah insang pada sisi ventral cakram. Sirip perut kecil dan tipis; pejantan dewasa mempunyai "gesper" yang relatif besar.[4][5]

Ekornya yang tipis dan berbentuk silinder berukuran 1,8–2,5 kali lebih panjang dari cakramnya dan tidak memiliki lipatan sirip. Tulang belakang penyengat bergerigi tunggal terletak di permukaan atas ekor dekat pangkal.[4] Dengan panjang hingga 38 cm, tulang belakangnya adalah yang terbesar dari semua spesies ikan pari.[6] Terdapat pita tuberkel berbentuk hati di permukaan atas cakram yang memanjang dari depan mata hingga pangkal sengatan; ada juga barisan garis tengah yang terdiri dari empat hingga enam tuberkel yang membesar di tengah cakram. Sisa permukaan atas cakram ditutupi oleh dentikel granular kecil, dan ekornya ditutupi duri tajam yang melewati sengatan. Ikan ini berwarna coklat keabu-abuan di bagian atas, seringkali dengan warna kekuningan atau merah muda di tepi sirip; kulitnya dilapisi dengan lapisan lendir berwarna coklat tua. Bagian bawah berwarna putih dengan garis-garis gelap lebar, dengan pinggiran bintik-bintik kecil di tepi belakang sirip dada dan sirip perut. Ekornya berwarna hitam di belakang tulang belakang.[4][5][7] Ikan ini memiliki lebar setidaknya 1,9 m dan panjang 5,0 m; dan kemungkinan besar dapat tumbuh lebih besar (Bukan tidak mungkin panjangnya dapat mencapai 10 m, dan lebarnya 5 m).[7] Dengan laporan dari Sungai Mekong dan Chao Phraya mengenai individu dengan berat 500–600 kg (1.100–1.300 lb), namun bukan tidak mungkin, bahwa beratnya adalah 1.500 kg (3.300 lb), atau bahkan 2.000 kg (4.400 lb) - ikan ini merupakan salah satu ikan air tawar terbesar di dunia.[5][6]

Pada bulan Juni 2022, dilaporkan bahwa spesimen yang ditangkap di sungai Mekong telah memecahkan rekor ikan air tawar terbesar yang pernah didokumentasikan (spesies sturgeon terbesar bisa jauh melebihi ukuran ini, tetapi mereka bersifat anadromous). Individu tersebut memiliki berat 300 kg (660 lb), dan berukuran panjang 3,98 m (13,1 kaki) dan lebar 2,2 m (7,2 kaki).[8]

Persebaran & Habitat[sunting | sunting sumber]

Ikan ini diketahui menghuni beberapa sungai besar dan muara terkait di Indochina dan Kalimantan. Di Indocina, terdapat di Sungai Mekong hingga ke hulu hingga Chiang Khong di Thailand, serta di Sungai Chao Phraya, Nan, Mae Klong, Bang Pakong, dan Tapi, juga ditemukan di Bueng Boraphet tetapi kini sudah punah. Di Kalimantan, spesies ini ditemukan di Sungai Mahakam di Kalimantan Timur dan Sungai Kinabatangan dan Buket di Sabah; hal tersebut dilaporkan umum terjadi di Sungai Kinabatangan tetapi jarang ditangkap. Meskipun ikan ini juga dilaporkan terdapat di Sarawak, survei selama 25 tahun terakhir tidak menemukan ikan ini di sana. Di tempat lain di kawasan ini, survei sungai baru-baru ini di Jawa belum mencatat keberadaannya, meskipun pulau tersebut merupakan lokasi holotipe ikan ini.

Catatan sejarah dari Sungai Gangga di India, dan Teluk Benggala sebagai Trygon fluviatilis kemungkinan adalah spesies Himantura fluviatilis, meskipun telah dipastikan ada di sungai Kaladan dan Mayu di Myanmar pada tahun 2022.[9]

Persebaran ikan ini yang terpisah di saluran sungai yang berbeda mungkin terisolasi satu sama lain; meskipun ikan ini hidup di lingkungan payau, tidak ada bukti bahwa ikan ini melintasi perairan laut. Ikan ini adalah spesies yang hidup di dasar laut dan menyukai habitat berpasir atau berlumpur.[1] Tanpa diduga, kadang-kadang dapat ditemukan di dekat daerah perkotaan yang padat penduduknya.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Grant, I.; Rigby, C.L.; Bin Ali, A.; Fahmi, Haque, A.B.; Hasan, V.; Sayer, C. (2021). "Urogymnus polylepis". 2021: e.T195320A104294071. doi:10.2305/IUCN.UK.2021-2.RLTS.T195320A104294071.en. 
  2. ^ Prihatini, Zintan; Sumartiningtyas, Holy Kartika Nurwigati (17 Mei 2022). "Nelayan Tangkap Ikan Pari Air Tawar Raksasa di Sungai Mekong, Seperti Apa?"". kompas.com. Diakses tanggal 21 Maret 2024. 
  3. ^ Saturi, Sapariah (2022). "Pari Sungai Raksasa Langka Masuk Jaring Nelayan di Meranti". mongabay.co.id. Diakses tanggal 21 Maret 2024. 
  4. ^ a b c Last, P.R.; Compagno, L.J.V. (1999). "Myliobatiformes: Dasyatidae". Dalam Carpenter, K.E.; Niem, V.H. FAO identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Food and Agriculture Organization of the United Nations. hlm. 1479–1505. ISBN 978-92-5-104302-8. 
  5. ^ a b c Monkolprasit, S.; Roberts, T.R. (1990). "Himantura chaophraya, a new giant freshwater stingray from Thailand" (PDF). Japanese Journal of Ichthyology. 37 (3): 203–208. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2013-10-20. Diakses tanggal 2010-04-12. 
  6. ^ a b c Lovgren, S. (2008). "Giant River Stingrays Found Near Thai City". National Geographic News. National Geographic Society. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 1, 2008. Diakses tanggal December 20, 2013. 
  7. ^ a b Last, P.R.; White, W.T.; Caire, J.N.; Dharmadi; Fahmi; Jensen, K.; Lim, A.P.F.; Manjaji-Matsumoto, B.M.; Naylor, G.J.P.; Pogonoski, J.J.; Stevens, J.D.; Yearsley, G.K. (2010). Sharks and Rays of Borneo. CSIRO Publishing. hlm. 208–209. ISBN 978-1-921605-59-8. 
  8. ^ Tsoi, Grace (20 June 2022). "World's largest freshwater fish found in Mekong, scientists say". BBC News. Diakses tanggal 20 June 2022. 
  9. ^ Michael I. Grant; Anthony W. J. Bicknell; Thaung Htut; Antt Maung; Thu Maung; Khin Myo Myo; Thu Rein; Min Khan San; William T. White; Kyaw Zay Ya; Meira Mizrahi (2022). "Market surveys and social media provide confirmation of the endangered giant freshwater whipray Urogymnus polylepis in Myanmar". Fish Biology. doi:10.1111/jfb.15073. PMC 9543834alt=Dapat diakses gratis Periksa nilai |pmc= (bantuan).