Paraboloida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Revolusi paraboloida.
Keripik kentang Pringles. Contoh paraboloida hiperbolik.

Paraboloida dalam geometri adalah permukaan kuadrat yang memiliki tepat satu sumbu simetri dan tidak ada pusat simetri. Istilah "paraboloida" berasal dari parabola, yang mengacu pada bagian kerucut yang memiliki sifat simetri yang serupa.

Setiap bagian bidang paraboloida dari bidang paralel ke sumbu simetri adalah parabola. Paraboloida-nya adalah hiperbolik jika setiap bagian bidang lainnya adalah hiperbola atau dua garis yang bersilangan (dalam kasus bagian dari bidang tangen). Paraboloida-nya adalah eliptik jika setiap bagian bidang yang tidak kosong lainnya adalah elips, atau titik tunggal (dalam kasus bagian dari bidang tangen). Paraboloida dapat berbentuk elips atau hiperbolik.

Keripik kentang Pringles menyerupai paraboloida hiperbolik yang dipotong-potong.[1] Bentuknya yang seragam memungkinkan untuk ditumpuk dalam wadah berbentuk tabung yang kokoh dan kekuatan bentuk paraboloida hiperbolik membantu mencegahnya pecah saat ditumpuk.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Zill, Dennis G.; Wright, Warren S. (2011), Calculus: Early Transcendentals, Jones & Bartlett Publishers, hlm. 649, ISBN 9781449644482 .
  2. ^ Wyman, Carolyn (2004), "Pringles potato chips: A new use for tennis ball cans", Better Than Homemade: Amazing Foods that Changed the Way We Eat, Quirk Books, hlm. 47–49, ISBN 9781931686426 .