Pantai Siung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Watu Togog di Pantai Siung
Siung
Siung berlokasi di Jawa
Siung
Siung
Location di Pulau Jawa
Negara Indonesia
ProvinsiDaerah Istimewa Yogyakarta
KotaGunungkidul

Pantai Siung adalah suatu objek wisata pantai yang terletak di Kec. Tepus, tepatnya berada di Dusun Duwet, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berjarak kurang lebih 75 km dari kota Yogya dan memiliki jalur panjat tebing dengan 250 jalur berstandar internasional.

Di sepanjang perjalanan menuju lokasi pantai, Anda akan disuguhi pemandangan bukit kapur yang ditumbuhi pohon-pohon jati. Jalan yang berkelok-kelok dan menaik, merupakan tantangan yang harus Anda lewati sebelum mencapai Pantai Siung. Akan tetapi, perjalanan yang melelahkan akan terbayar ketika Anda sudah berada di kawasan Pantai Siung. Pantai dengan hamparan pasir putih dan suara deburan ombak, akan membuat suasana hati dan pikiran Anda tenang dan damai.

Karena pantai ini sangat terpencil, fasilitas yang tersedia masih minim. Untuk akomodasi penginapan belum tersedia di sini, tetapi jika Anda ingin bermalam di Pantai Siung, Anda bisa menggunakan pondok pemanjat yang bentuknya mirip rumah panggung dengan kapasitas kurang lebih sekitar 20 orang. Jika Anda ingin bermalam dengan suasana alam, anda bisa membawa tenda sendiri yang bisa Anda gunakan di area camping ground.

Jika Anda dari Kota Yogyakarta, Anda bisa menggunakan jalur Yogyakarta-Wonosari-Tepus-Purwodadi-Pantai Siung. Jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda dapat menggunakan bus dari Terminal Giwangan Yogyakarta dengan menggunakan bus jurusan Jogja-Wonosari. Sampai di terminal Wonosari, Anda dapat menggunakan angkutan umum jurusan Wonosari-Jepitu. Sesampai Pertigaan Balai Desa Purwodadi, Anda bisa menggunakan jasa ojek, karena hanya itu transportasi umum yang bisa digunakan sampai ke Pantai Siung.[1]

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Meskipun berada cukup jauh dari pusat kota Jogja, tetapi akses jalan menuju Pantai ini sudah bagus dan sampai ke bibir pantai, juga dilengkapi dengan area parkir yang luas. Selain itu, terdapat juga fasilitas sebagai berikut;

  1. Pondok Panjat Tebing
  2. Penginapan Sederhana
  3. Jalur Panjat tebing
  4. Warung makan[2]
  5. Masjid
  6. Posko SAR
  7. Camping ground
Penduduk sekitar sedang mencari rumput di tebing batuan beku vulkanik di bagian barat pantai Siung, Yogyakarta. (kanan bawah). Di sepanjang pantai Siung hingga pantai Wediombo terdapat formasi batuan yang cukup unik, tidak seperti di pantai-pantai lainnya di Gunungkidul yang berupa batu kapur, namun di sepanjang pantai ini terdapat batuan beku yang diyakini sisa dari gunung api purba yang berada di dekat pantai tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ gunungkidulonline.com (2015). "Peta Wisata Pantai-pantai Gunungkidul DIY". gunungkidulonline.com. Diakses tanggal 10 January 2015. 
  2. ^ http://cateringyukarni.blogspot.co.id/

Pranala luar[sunting | sunting sumber]