Pantai Botutonuo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pantai Botutonuo

Pantai Botutonuo adalah sebuah lokasi tujuan wisata yang berada di desa Botutonuo, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.[1][2] Letaknya di pesisir selatan Gorontalo menghadap ke Teluk Tomini. Pantai ini merupakan salah satu objek wisata yang menjadi pilihan utama wisatawan lokal untuk mengisi liburan.

Asal mula[sunting | sunting sumber]

Sebelum menjadi tempat wisata, pantai ini hanyalah tempat nelayan menambatkan perahu setelah selesai melaut. Pada tahun 2009 masyarakat setempat mulai mengelola pantai ini secara mandiri karena cukup banyak pengunjung yang datang setiap akhir pekan dan hari libur secara teratur.[3] Tidak dikenakan biaya pagi para pengunjung yang datang ke lokasi ini.[4]

Akses[sunting | sunting sumber]

Pantai Botutonuo berjarak sekitar 17 kilometer dari Kota Gorontalo. Untuk menuju ke lokasi dapat diakses menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi dengan waktu tempuh sekitar setengah jam. Hanya 1 akses jalan yang bisa ditempuh dari Kota Gorontalo menuju lokasi ini.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Dari jalan raya, akses menuju pantai terbagi 10 lorong yang melewati pemukiman warga. Panjang pantai yang yang bisa dijelajahi sekitar 1 kilometer. Sebagai wisata yang dikelola secara mandiri oleh warga, fasilitas yang ada di Pantai Botutonuo masih terbilang minim dan seadanya. Di sepanjang tepian pantai berjejer gazebo yang bisa disewa pengunjung untuk bersantai. Kamar mandi dan toilet tersedia di rumah-rumah warga yang dapat dipakai pengunjung dengan membayar sekedarnya, demikian juga tempat parkir kendaraan. Ada juga perahu yang disewakan untuk mengitari area perairan pantai dan menikmati pemandangan dari laut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Paat, Hence (2014-04-20). "Pantai Botutonuo Dipadati Pengunjung". ANTARA News. Diakses tanggal 01 September 2020. 
  2. ^ Ibrahim, Arfandi (2018-10-21). Syah, Moch Harun, ed. "Pagi Seru Bersama Keluarga di Pantai Botutonuo Gorontalo". Liputan6.com. Diakses tanggal 01 September 2020. 
  3. ^ "Wisata pantai Botutonuo Miliki Daratan Berpasir dan Berbatu". Tribunnews.com. 2013-04-26. Diakses tanggal 01 September 2020. 
  4. ^ "Liburan Indah dan Murah di Pantai Botutonuo". Republika. 2016-10-26. Diakses tanggal 01 September 2020.