Panirak besar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Panirak besar
Malva sylvestris
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladmalvids
OrdoMalvales
FamiliMalvaceae
SubfamiliMalvoideae
TribusMalveae
GenusMalva
SpesiesMalva sylvestris
Linnaeus, 1753
Tata nama
Sinonim takson
  • Malva ambigua Guss.
  • Malva mauritiana L.
  • Malva erecta C.Presl
  • Malva gymnoscarpa Pomel [1][2]

Malva sylvestris atau panirak besar adalah sebuah spesies dari genus Malva dalam keluarga Malvaceae dan dianggap sebagai spesies jenis untuk genus. M. sylvestris adalah tanaman yang kuat dengan bunga-bunga mencolok berwarna ungu muda terang, dengan urat-urat gelap, tingginya 0,91-1,22 m) dan tumbuh bebas di padang rumput, tanaman pagar dan di ladang bera.

Malva sylvestris adalah ramuan yang menyebar yang merupakan tahunan di Afrika Utara, dua tahunan di Mediterania dan abadi di tempat lain. Itu bisa lurus, bercabang, dan ditutupi dengan rambut halus yang halus atau tidak ada sama sekali, M. sylvestris menyenangkan dalam penampilan ketika pertama kali mulai berbunga, tetapi saat musim panas berlangsung, "daunnya kehilangan warna hijau pekatnya dan batangnya memiliki penampilan yang kasar".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Flora Europaea Search Results". Flora Europaea. Royal Botanic Garden Edinburgh. Diakses tanggal 9 May 2008. 
  2. ^ "Malva sylvestris L. record n° 81830". African Plants Database. South African National Biodiversity Institute, the Conservatoire et Jardin botaniques de la Ville de Genève and Tela Botanica. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 January 2013. Diakses tanggal 9 May 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]