Pandangan Syiah mengenai Aisyah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pandangan Syiah tentang Aisyah umumnya tidak menguntungkan. Ini terutama karena apa yang mereka lihat sebagai penghinaannya terhadap Ahlul Bait (keluarga nabi Islam Muhammad) dan tindakannya dalam Fitnah Pertama saat itu. Partisipasinya dalam Pertempuran Unta secara luas dianggap sebagai tanda penghinaan yang paling signifikan. Mereka juga tidak percaya bahwa dia berperilaku sebagaimana mestinya dalam perannya sebagai istri Muhammad. Beberapa akun Syiah terkemuka bahkan melaporkan bahwa dia, bersama dengan Hafsah, menyebabkan kematian Muhammad dengan memberinya racun.[1] Syiah juga menganggap Aisyah sebagai sosok kontroversial karena keterlibatan politiknya semasa hidupnya. Aisha berasal dari garis keturunan keluarga politik, karena dia adalah putri Abu Bakar sang khalifah. Aisyah juga berperan aktif dalam kehidupan politik Muhammad; dia dikenal untuk menemaninya berperang, di mana dia belajar keterampilan militer, seperti memulai negosiasi pra-perang antara kombatan, melakukan pertempuran, dan mengakhiri perang.[2][3]

Menghina[sunting | sunting sumber]

Beberapa Syiah menghina dan tidak menghormati Aisyah dan tiga khalifah. Menghina kesucian Sunni telah dinyatakan dilarang oleh otoritas imitasi Syiah, termasuk Ayatollah Khamenei.[4] Sultan al-Wa'izin Syirazi, seorang ulama Syiah, mengatakan dalam sebuah debat dengan seorang ulama Sunni: "Syiah percaya bahwa siapa pun yang menuduh salah satu istri Nabi Islam berzina atau menghina mereka adalah kafir. Hal seperti itu merupakan penghinaan besar terhadap posisi suci Nabi."[5] Menurut Makarem Shirazi, seorang ulama Syiah, masalah ini tidak membuat perannya dalam penciptaan Perang Jamal dan narasinya yang memuji dirinya sendiri dan melawan Ali diabaikan.[5]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ahmad ibn Muhammad al-Sayyari (2009). Kohlberg, Etan; Amir-Moezzi, Mohammad Ali, ed. "Revelation and Falsification: The Kitab al-qira'at of Ahmad b. Muhammad al-Sayyari: Critical Edition with an Introduction and Notes by Etan Kohlberg and Mohammad Ali Amir-Moezzi". Texts and studies on the Qurʼān. BRILL. 4: 103. ISSN 1567-2808. 
  2. ^ Anwar, Etin. "Public Roles of Women." Encyclopedia of Islam and the Muslim World. 2004. Web.
  3. ^ Smith, Jame I. "Politics, Gender, and the Islamic Past. The Legacy of Aisha Bint Abi Bakr by D.A. Spellberg." Rev. of Politics, Gender, and the Islamic Past. The Legacy of Aisha Bint Abi Bakr by D.A. Spellberg. n.d.: n. pag. JSTOR. Web.
  4. ^ "Ayatollah Khamenei's fatwa: Insulting the Mother of the Faithful Aisha is prohibited". Khamenei.ir (dalam bahasa Inggris). 2016-06-11. Diakses tanggal 2022-02-04. 
  5. ^ a b "لزوم احترام به عايشه از ديدگاه شيعه". پایگاه اطلاع رسانی دفتر مرجع عالیقدر حضرت آیت الله العظمی مکارم شیرازی (dalam bahasa Inggris). 2012-12-04. Diakses tanggal 2022-07-20.