Pancalomba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


Pancalomba pertama kali tercatat di Yunani Kuno, melibatkan cabang Lempar cakram dan Lempar lembing.

Pancalomba merupakan suatu olahraga multi-cabang yang terdiri dari lima disiplin. Pancalomba pertama tercatat di Yunani Kuno dan merupakan bagian dari Olimpiade kuno. Lima cabang olahraga dilombakan selama satu hari dalam Pancalomba olimpiade kuno, dimulai dari Lompat jauh, lempar lembing, dan lempar cakram, lalu diikuti oleh cabang lari stadion dan gulat. Atlet pancalomba dianggap sebagai atlet paling terampil, dan latihannya sering menjadi bagian dari Dinas militer, dimana masing-masing lima cabang tersebut dianggap berguna dalam perang atau pertempuran.

Seiring kebangkitan Olimpiade di era modern, Pancalomba dilombakan kembali dalam dua bentuk. pancalomba atletik merupakan sebuah ragam modern dari olahraga aslinya, yang terdiri dari suatu kompetisi dalam lomba Trek dan lapangan. Pancalomba modern yang ditemukan oleh Pierre de Coubertin (Bapak olimpiade modern), adalah suatu ragam aspek militer dari Pancalomba kuno. Cabang-cabang yang dilombakan terpusat pada keterampilan yang diperlukan oleh seorang serdadu di akhir abad ke-19, yang terdiri dari Menembak, berenang, anggar, berkuda, dan Lari lintas alam.

Aspek yang menonjol dari Pancalomba modern adalah sistem angka, dimana setiap pesaing dihadiahi angka tertentu berdasarkan pada penampilan mereka dalam setiap cabang. Pemenang bulatnya adalah pesaing dengan jumlah angka tertinggi di akhir kelima cabang tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]