Pancalomba modern

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Pancalomba modern
Modern Pentathlon 2004 Olympics.jpg
Induk organisasi Union Internationale de Pentathlon Moderne (UIPM)
Data lengkap
Olahraga kontak fisik Tidak
Logo UIPM Modern Pentathlon

Pancalomba modern adalah cabang olahraga Olimpiade yang terdiri dari lima pertandingan yang berbeda; anggar (degen satu sentuh), renang gaya bebas (200m), berkuda palang rintang (15 lompatan), dan pertandingan terakhir yang merupakan gabungan dari olahraga menembak dan lari lintas alam (3200m). Cabang olahraga ini terinspirasi oleh pancalomba tradisional yang diadakan selama Olimpiade kuno; karena pertandingan-pertandingan awal bermotif pada keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang prajurit Yunani yang ideal di jaman itu, pancalomba modern juga berpola sama pada pertandingan-pertandingan yang mewakili keterampilan yang dibutuhkan oleh pasukan berkuda di belakang garis musuh.

Olahraga ini telah menjadi olahraga inti Olimpiade sejak tahun 1912 meskipun ada upaya untuk menghapusnya.[1] Sebuah kejuaraan dunia untuk pancalomba modern telah diadakan setiap tahun sejak 1949.

Awalnya kompetisi berlangsung selama empat atau lima hari; pada 1996 format satu hari diadopsi dalam upaya untuk lebih ramah terhadap penonton.[2] Pada 11 Februari 2013 di Lausanne, IOC menegaskan pancalomba modern sekali lagi sebagai salah satu dari 25 olahraga inti dari program Olimpiade hingga 2020. Badan yang mengatur pancalomba modern adalah Union Internationale de Pentathlon Moderne (UIPM), yang mengelola olahraga pancalomba modern internasional di lebih dari 90 negara di semua benua di dunia.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Special Edition: Refuting IOC's Plan to End Modern Pentathlon Competition". The Sport Journal. Fall 2002. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-06-05. Diakses tanggal 2012-08-22. 
  2. ^ Branch, John (November 26, 2008). "Modern Pentathlon Gets a Little Less Penta". The New York Times. Diakses tanggal 2008-11-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]