Pagoda Kuil Cishou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pagoda Kuil Cishou

Pagoda Kuil Cishou (Hanzi sederhana: 慈寿寺塔; Hanzi tradisional: 慈壽寺塔; Pinyin: Císhòu Sì Tǎ) awalnya dinamakan Pagoda Yong'anwanshou (永安万寿塔; 永安萬壽塔; Yǒng'ān Wànshòu Tǎ), adalah pagoda Tiongkok yang terbuat dari batu dan batu bata pada abad ke-16, berada di Kuil Buddha Cishou, Subdistrik Balizhuang, pinggiran kota Beijing, Tiongkok.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Pagoda ini berbentuk segi delapan dengan tinggi sekitar 50 meter, terdiri dari tiga belas atap bertingkat dan menara kecil dan dihiasai dengan ukiran ornamen yang rumit dan terperinci. Pagoda Cishou dibangun pada tahun 1576 selama Dinasti Ming (1368-1644), atas titah Janda Permaisuri Li pada masa pemerintahan Kaisar Wanli (1572-1620). Pagoda Cishou mencontoh pagoda yang ada di Kuil Tianning di luar Guang'anmen, Beijing. Gaya atap bertingkat pagoda ini mirip dengan pagoda pada masa Dinasti Liao dan Dinasti Jin yang lebih tua. Meskipun kuil lain di sekitar Kuil Cishou telah dihancurkan, kuil ini masih tetap kokoh berdiri, hanya mengalami pelapukan yang terlihat pada relief bagian luarnya.

Dasar batu bata pagoda dibentuk sebagai tumpuan gunung Meru dan dihiasi dengan ukiran relief Buddha, kelopak teratai dan desain lainnya. Bagian atas pagoda menampilkan rancangan ukiran alat musik Tiongkok seperti guqin. Sentuhan tambahan gaya dougong yang umumnya ditemukan dalam arsitektur kayu Tiongkok kuno - diukir di antara bagian atap yang bertingkat.

Pada 2013, Pagoda Kuil Cishou terdaftar sebagai Situs Sejarah dan Budaya Utama yang Dilindungi Tingkat Nasional.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "国保文物新增1943处 明北京城城墙等20余单位纳入" (dalam bahasa Tionghoa). 网易新闻. 2013-05-06. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-04-12. Diakses tanggal 2015-02-09.