Pagoda Angsa Liar Raksasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Situs Warisan Dunia UNESCO
Jalur Sutra: Jaringan Rute Koridor Chang'an-Tianshan
Nama sebagaimana tercantum dalam
Daftar Warisan Dunia
Pagoda Angsa Liar Raksasa.
Pagoda Angsa Liar Raksasa di Xi'an
Tipe Kebudayaan
Kriteria ii, iii, iv, vi
Nomor identifikasi 1442
Kawasan UNESCO Asia-Pasifik
Tahun pengukuhan 2014 (sesi 38th)

Pagoda Angsa Liar Raksasa atau Pagoda Angsa Liar Besar (Tionghoa: 大雁塔; Pinyin: Dàyàn Tǎ), adalah sebuah pagoda Buddha yang terletak di selatan Xi'an, provinsi Shaanxi, Tiongkok. Pagoda tersebut dibangun pada 652 saat Dinasti Tang dan aslinya memiliki lima lantai, meskipun strukturnya kembali dibangun pada 704 pada masa pemerintahan Maharani Wu Zetian dan tembok bata bagian luar-nya direnovasi pada masa Dinasti Ming. Salah satu dari beberapa fungsi pagoda tersebut adalah memiliki sutra-sutra dan patung-patung figur dari Buddha yang dibawa ke Tiongkok dari India oleh penerjemah dan penjelajah Buddhis Xuanzang.

Wilayah sekitar dan sejarah[sunting | sunting sumber]

Pagoda aslinya dibangun pada masa pemerintahan Kaisar Gaozong dari Tang (memerintah pada 649-683), yang memiliki tinggi seukuran 54 m (177 kaki).[1] Namun, konstruksi dari bahan alam dengan tembok batu di bagian luar tersebut kemudian runtuh lima dekade berikutnya. Maharani Wu Zetian yang memerintah membangun kembali pagoda tersebut dan menambahkan lima lantai baru pada tahun 704; namun, sebuah gempa susulan pada 1556 sangat merusak pagoda tersebut dan memulihkannya kembali dengan tiga lantai, sampai pada bangunan saat ini yang berjumlah tujuh lantai.[2]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Watson, 185.
  2. ^ Ingles (1982), 144.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Benn, Charles (2002). China's Golden Age: Everyday Life in the Tang Dynasty. Oxford: Oxford University Press.
  • Ingles, O.G. "Impressions of a Civil Engineer in China," The Australian Journal of Chinese Affairs (Number 7, 1982): 141–150.
  • Heng Chye Kiang. (1999). Cities of Aristocrats and Bureaucrats: The Development of Medieval Chinese Cityscapes. Singapore: Singapore University Press. ISBN 9971-69-223-6.
  • Watson, William. (2000). The Arts of China to A.D. 900. New Haven: Yale University Press. ISBN 0-300-08284-3.