PacWest Racing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

PacWest Racing adalah tim balap Champ Car milik Bruce McCaw yang didirikan pada 1993.

Musim penuh pertama tim adalah tahun berikutnya, 1994, dengan pembalap Dominic Dobson dan juara bersama Indy Racing League masa depan Scott Sharp. Pada tahun 1995, tim beralih ke mantan pembalap Formula Satu Maurício Gugelmin dan Danny Sullivan yang memudar, yang akan digantikan di akhir musim oleh Juan Manuel Fangio II setelah cedera. Pada tahun 1996, Mark Blundell mengambil alih kursi Fangio.

1997 menjadi tahun terobosan PacWest, dengan tim meraih empat kemenangan - tiga dari Blundell dan satu-satunya kemenangan CART Gugelmin di Vancouver. Tim tersebut sejak itu dianggap sebagai tim utama, dan diperkirakan akan bersaing untuk kejuaraan pada tahun 1998.

Namun, tiga tahun berikutnya ternyata mengecewakan. 2001 melihat Blundell, yang pensiun setelah akhir musim sebelumnya, digantikan dengan juara Indy Lights 2000 Scott Dixon, yang meraih kemenangan terakhir PacWest di Nazareth, di mana rekan setim Dixon Gugelmin mengundurkan diri setelah kematian putranya.

2002 adalah tahun terakhir PacWest, di mana tim bermasalah hanya bisa mendapatkan sponsor rekanan dari NTN. Tim memulai empat balapan dengan Dixon dan Oriol Servia. Setelah balapan ketiga, Dixon meninggalkan tim untuk bergabung dengan Chip Ganassi Racing, dan Servia memulai satu balapan lagi sebelum McCaw menutup organisasi.

Tim dibeli oleh Kevin Kalkhoven dan Craig Pollock untuk membentuk PK Racing. Tim beroperasi sebagai KV Racing Technology dari tahun 2003 hingga akhir musim 2016.

Dua mobil tim PacWest adalah mobil yang digunakan oleh karakter utama Jimmy Bly (#18) dan Joe Tanto (#17) dalam film aksi 2001 Driven.