Juan Manuel Fangio II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Juan Manuel Fangio II (lahir 19 September 1956) adalah mantan pembalap mobil Argentina. Dia adalah keponakan dari juara Formula Satu lima kali Juan Manuel Fangio.

Setelah beberapa pengalaman di Formula Tiga Eropa, Fangio memulai debutnya sebagai pembalap mobil profesional di IMSA pada tahun 1984 di Miami Grand Prix dengan Porsche 935 bersama Hugo Gralia. Dia memiliki karir pemenang penghargaan, memenangkan dua kejuaraan pembalap GTP, serta 2 gelar pabrikan saat dia membalap untuk Toyota dan All American Racers. Fangio semakin memantapkan warisannya di dunia balap mobil dengan memenangkan 12 Hours of Sebring yang bergengsi dua kali (seperti yang dilakukan pamannya), membukukan 21 kemenangan GTP, dan membuat rekor IMSA dengan 19 kemenangan solo. Kemenangannya diraih saat mengendarai mobil GTP Eagle HF89/90 dan Eagle MkIII.

Fangio memenangkan sepuluh pole position selama karirnya. Dia membuat sebagian besar karir mengemudinya di Amerika Serikat dan dipilih pada tahun 1992 dan 1993 sebagai "All-American" oleh American Auto Racing Writers and Broadcasters Association (AARWBA), sebuah organisasi yang juga menamai Fangio sebagai pembalap terbaik tahun 1992 mereka. Dia juga berpartisipasi dalam seri CART, tetapi tidak memenangkan balapan apa pun, fakta yang dia sesali.

Bosnya, dan juga teman pribadinya, adalah Dan Gurney. Pada tahun 1997, Fangio menelepon Gurney untuk memberi tahu dia bahwa dia akan pensiun. Dia mengatakan kepada Gurney, "Saya telah menemukan bahwa terlepas dari apa yang dikatakan hasrat saya, terlepas dari apa yang saya perintahkan untuk dilakukan oleh pikiran saya, saya tidak lagi dapat memberikan seluruh keberadaan saya, fokus total saya dengan mengesampingkan segala sesuatu yang lain untuk olahraga ini yang saya lakukan. cinta. 99% tidak cukup, aku akan berhenti." Gurney menggambarkan Fangio sebagai "Seorang pria dalam setelan pengemudi dengan inti baja memancarkan aura Amerika Latin dengan martabat dan kehormatan bahkan dalam keadaan terburuk yang akan hilang dari grid".

Fangio saat ini tinggal di kota kelahirannya Balcarce, Argentina.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]