Pa amb tomàquet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Pa amb tomàquet atau pa amb oli

Pa amb tomàquet (Bahasa Katalan: [ˈpam tuˈmakət], "Roti dengan tomat"), pa amb oli (Majorcan: [ˌpəmˈbɔɫi], "Roti dengan minyak zaitun") atau Pan con tomate adalah makanan tradisional yang dapat ditemukan di Valencia, Andalusia, Aragon, Balearic, Catalunya dan Murcia di negara Spanyol. Pa amb tomàquet merupakan hidangan nasional dan identitas dari Catalunya.

Hidangan ini terdiri dari roti, yang mungkin atau mungkin tidak dipanggang, dengan tomat yang digosok pada permukaan roti dan dibumbui dengan minyak zaitun dan garam. Terkadang bawang putih juga digosokkan di permukaan roti sebelum digosok dengan tomat.

Hidangan ini dianggap sebagai salah satu contoh tipikal yang menentukan diet Mediterania, diperluas sebagai resep tradisional di seluruh Spanyol. Hal ini populer dikonsumsi sendiri sebagai makanan ringan atau tapa dengan makanan apapun, dari sarapan sampai makan malam[1][2].

Penyajian[sunting | sunting sumber]

Pa amb tomàquet dengan anchovy.
Disajikan dengan ham Iberia.

Di beberapa restoran Katalan, campuran tomat dibuat sebelumnya dan disikat pada roti, sementara yang lain memberi para tamu ramuan untuk membuat racikannya sendiri[3]. Hidangan disajikan disertai dengan berbagai macam sosis (botifarres, xoriço, fuet, ham Iberia, dan lain-lain), Ham, keju, omelet, teri, atau ikan laut lainnya, atau sayuran panggang seperti escalivada.

Di Majorca, pa amb oli disiapkan dengan tomat bernama Tomàtiga de Ramellet, varietas tomat tertentu di pohon anggur, lebih kecil dan dengan rasa yang sedikit lebih tajam dan rasanya asam daripada tomat biasa.

Dasar asli hidangan ini dibuat dengan irisan roti panggang pa de pagès (roti petani), roti bundar khas dengan ukuran wajar (dari ½ kg sampai 5 kg, dari diameter sekitar 20 cm sampai 50 cm).

Jika campurannya tidak premade atau dibuat terlebih dahulu (sebenarnya, jika premade, kebanyakan orang tidak akan mempertimbangkannya sama sekali sebagai pa amb tomàquet), ada yang dikatakan sebagai tatanan ideal dimana bahan tersebut diintegrasikan untuk menghasilkan rasa terbaik. Pertama, bawang putih digosok di atas roti. Kemudian hal yang sama dilakukan dengan tomat. Berikutnya ditaburi garam, dan terakhir minyak zaitun.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal usul hidangan ini diperdebatkan, karena tomat relatif baru untuk masakan Katalan (yang berasal dari Amerika hanya setelah abad ke-15). Secara luas dianggap sebagai hidangan nasional dan identitas Catalunya, beberapa sumber mengklaim bahwa ini sebenarnya adalah yang relatif baru (pertengahan sampai akhir abad 19) di semua pantai Mediterania di Spanyol.

Koki dari Catalunya Josep Lladonosa i Giró mengatakan hidangan tersebut pertama kali didokumentasikan pada abad ke-18. Sang koki, yang lahir tahun 1938, teringat neneknya yang menjelaskan bahwa orang tuanya biasa makan hidangan yang disebut pa amb tomàquet. Dengan ketepatan yang lebih baik, sejarawan penataran Katalan Nèstor Luján mengatakan bahwa referensi tertulis pertama adalah dari tahun 1884 dan, menurut tesisnya, resepnya dibuat di lingkungan pedesaan selama panen tomat yang melimpah. Orang akan menggunakan tomat untuk melembutkan roti yang keras dan kering.

Hidangan tersebut membagi beberapa kesamaan dengan hidangan lainnya yang memakai metode tomat dan minyak zaitun yang digosok pada roti seperti Ħobż biz-Zejt dari Malta, Pan-bagnat dari Nice, wilayah Provence di Perancis, versi lain dari bruschetta Italia, dan kue meze dakos dari Kreta.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Virbila, S. Irene (17 July 2014). "For tomato season: Catalonia's pa amb tomàquet". Los Angeles Times. Diakses tanggal 19 April 2017. 
  2. ^ "The sacred principles of "pa amb tomàquet"" (dalam bahasa Inggris). Barcelonaturisme.com. Diakses tanggal 19 April 2017. 
  3. ^ "Catalan Tomato Bread". Food & Wine. Diakses tanggal 19 April 2017. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]