P5+1

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perwakilan dari negara-negara P5+1, Iran dan Uni Eropa mengumumkan persetujuan awal mengenai program nuklir Iran di Lausanne, 2 April 2015.

Kelompok negara-negara P5+1 adalah sebutan untuk kelompok negara-negara besar yang sejak tahun 2006 terlibat dalam upaya diplomasi dengan Iran mengenai program nuklirnya. Negara-negara ini adalah Amerika Serikat, Britania, Tiongkok, Prancis, Rusia (lima negara ini adalah anggota tetap Dewan Keamanan PBB) serta Jerman. P5 merujuk pada kelima negara anggota tetap dewan keamanan (P diambil dari kata permanent yang artinya tetap) dan +1 merujuk kepada Jerman. Britania, Jerman dan Prancis juga merupakan 3 negara utama di Uni Eropa, sehingga kelompok ini kadang juga disebut EU+3.

Negara-negara P5+1[sunting | sunting sumber]

Negara Anggota tetap

DK PBB

Anggota

Uni Eropa

 Amerika Serikat Ya
 Britania Raya Ya
 Jerman Ya
 Prancis Ya Ya
 Tiongkok Ya
 Federasi Rusia Ya

Lima anggota tetap dewan keamanan PBB semuanya termasuk dalam kelompok P5+1 dan ikut bernegosiasi dengan Iran. Dewan Keamanan dapat mengeluarkan resolusi terhadap Iran mengenai program nuklirnya. Masing-masing anggota tetap memiliki hak veto terhadap resolusi Dewan Keamanan, sehingga persetujuan mereka mutlak dibutuhkan.

Jerman tidak termasuk anggota tetap dewan keamanan PBB dan tidak memiliki hak veto, tetapi Jerman adalah salah satu mitra dagang utama Iran sehingga diikutkan dalam proses negosiasi.[1] Pada tahun 2005, Jerman adalah eksportir terbesar ke Iran (14,2%).[2]

Britania, Jerman dan Prancis merupakan anggota Uni Eropa yang paling berpengaruh,[3] dan kadang disebut dengan EU three atau EU-3. Ketiga negara ini telah bersama bernegosiasi dengan Iran sejak 2003.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Germany's Pivotal Role in the Iranian Nuclear Standoff - Carnegie Endowment for International Peace". Diakses tanggal 2013-11-26. 
  2. ^ "The Cost of Economic Sanctions on Major Exporters to Iran". www.payvand.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-09. Diakses tanggal 2015-04-04. 
  3. ^ Bretherton, Charlotte; John Vogler (2006). The European Union as a Global Actor. Routledge. hlm. p.174. ISBN 9780415282451. 
  4. ^ Peter Crail, Maria Lorenzo Sobrado (1 December 2004). "IAEA Board Welcomes EU-Iran Agreement: Is Iran Providing Assurances or Merely Providing Amusement?". NTI. Diakses tanggal 3 April 2015.