Otto van Lidth de Jeude

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Otto Cornelis Adriaan van Lidth de Jeude (1939)

Jhr. Otto Cornelis Adriaan van Lidth de Jeude (7 Juli 1881 – 1 Februari 1952) adalah teknisi perairan dan politikus Belanda.

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Van Lidth de Jeude belajar di Universitas Teknik Delft. Pada tahun 1903, ia bertugas di bawah Rijkswaterstaat. Antara tahun 1925-1935, ia adalah anggota Dewan Kota Baarn. Pada tahun 1935, ia menjabat sebagai menteri pekerjaan umum dalam Kabinet Colijn II dan III. Setelah pengunduran diri, ia menjadi anggota Partai Liberal Negara di Tweede Kamer. Pada tahun 1938, ia adalah anggota Dewan untuk Wieringermeer dan pada tahun 1939 kembali menjadi menteri pekerjaan umum dalam Kabinet Colijn V yang hanya bertahan 2 minggu. Semasa Perang Dunia II, ia mengungsi di London di mana ia menjadi ketua Komite Palang Merah Belanda. Dalam kedudukan ini, ia bertanggung jawab untuk penampungan pengungsi di sana. Antara tahun 1942-1945, ia menjadi menteri perang dalam Kabinet Gerbrandy II. Ia memelihara harapan kuat atas Ratu Wilhelmina, bahwa puterandanya Pangeran Bernhard dapat menjadi panglima tertinggi angkatan militer.

Sebagai ahli perairan, Van Lidth de Jeude terlibat dalam berbagai pekerjaan di Tiongkok dan Curaçao dan ia juga pernah bekerja di Hindia Belanda. Setelah perang, ia mengelola sejumlah organisasi bisnis dan posisi pemerintahan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Hendrikus Colijn
Menteri Pekerjaan Umum
1935-1937
Diteruskan oleh:
Johannes Antonius Marie van Buuren
Didahului oleh:
Johannes Antonius Marie van Buuren
Menteri Pekerjaan Umum
1939
Diteruskan oleh:
Johan Willem Albarda
Didahului oleh:
Hendrik van Boeijen
Menteri Perang
1942-1945
Diteruskan oleh:
James Marnix de Booy