Ortodonsia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Ortodonsia
Pekerjaan
Nama Ortodonsia
Sektor aktivitas
Dokter gigi
Deskripsi
Pendidikan dibutuhkan
Pendidikan Dokter Gigi Spesialis

Ortodonsia atau ortodontis adalah salah satu cabang ilmu kedokteran gigi. Kata tersebut berasal dari bahasa Latin "orthodontia", "orthos" artinya merapikan, sedangkan "dontia" artinya gigi.[1] Secara terminologi, ortodonsia dapat diartikan sebagai cabang ilmu kedokteran gigi yang melakukan perawatan untuk merapikan gigi dan bertujuan mendapatkan oklusi yang optimal dan fungsional dengan tetap mengutamakan nilai estetika gigi. Selain itu, ilmu ini mengajarkan bagaimana mendiagnosis, mencegah dan memperbaiki susunan gigi atau gusi yang tidak teratur.[2] Dokter spesialis yang telah mendapat pelatihan khusus di sekolah kedokteran gigi setelah lulus dari program pendidikan dokter gigi spesialis dinamakan "ortodontis".

Ilmu ini dirintis oleh ortodontis ternama seperti Edward Angle dan Norman William Kingsley.

Secara garis besar perawatan ortodonsia dapat dibagi menjadi beberapa jenis perawatan, yaitu: Perawatan ortodonsia fungsional, perawatan ortodonsia lepasan, perawatan ortodonsia cekat dan perawatan bedah ortodonsia.

Untuk dokter gigi umum memiliki wewenang terbatas untuk mengerjakan perawatan ortodonsia fungsional dan perawatan ortodonsia lepasan. Sedangkan dokter gigi spesialis ortodonsia (drg., Sp.ort.) memiliki wewenang penuh untuk melakukan perawatan ortodonsia secara komprehensif, termasuk perawatan ortodonsia cekat dan perawatan bedah ortodonsia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Orthodontics: What is Orthodontics?". Medical News Today (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 8 Juni 2016. 
  2. ^ "Orthodontics - NHS Choices". nhs.uk (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 8 Juni 2016.