Orthomorpha coarctata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Orthomorpha coarctata
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Subfilum:
Kelas:
Subkelas:
Infrakelas:
Superordo:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
O. coarctata
Nama binomial
Orthomorpha coarctata
Sinonim[2]


Orthomorpha coarctata atau dikenal dengan nama ulat gagak atau joyo gading adalah spesies kaki seribu dari famili Paradoxosomatidae. Hewan ini juga dikenal dengan nama long-flange millipede.[3] Kaki seribu ini berasal dari wilayah Asia Tenggara, tapi sekarang sudah menyebar hampir ke seluruh wilayah tropis dan sub-tropis diseluruh dunia, termasuk Kepulauan Hawaii, Hindia Barat dan Kepulauan Galapagos.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Spesies kaki seribu ini memiliki hitam dengan garis kuning didekat kakinya. Ulat jantan memiliki panjang berkisar antara 14,5–20,5 mm dan lebar 1,5 hingga 2,7 mm, sedangkan betina agak lebih besar dengan panjang antara 16,5–27,5 mm dan lebar 1,6–3,2 mm.

O. coarctata dapat dibedakan dari Oxidus gracilis , kaki seribu Asia lainnya yang diperkenalkan secara luas, dengan memiliki paranota (lunas lateral) yang lebih panjang dan runcing secara proporsional pada segmen tubuh tengah dan gonopoda (pelengkap reproduksi jantan) yang lebih panjang. O. coarctata unik dalam genus Orthomorpha karena gonopoda memiliki satu ujung yang sederhana, sedangkan spesies lain memiliki dua atau tiga lobus. Perbedaan ini menyebabkan beberapa penulis menempatkan O. coarctata dalam genus monotipe yang terpisah, Asiomorpha.

Ulat ini berkembang biak dengan bertelur, yang menetas setelah kurang lebih 6-12 minggu. O. coarctata dapat beberapa kali bertelur sepanjang hidupnya. O. coarctata diketahui dapat hidup hingga usia 8 tahun.

Disaat hewan ini merasa terancam, ia akan menggulung dirinya sebagaimana kaki seribu lainnya, dan dapat mengeluarkan cairan berbau tidak sedap.

Ekologi[sunting | sunting sumber]

O. coarctata sering dijumpai hidup ditanah yang lembab, memiliki bahan organik tinggi. Biasanya di kebun, sawah, atau hutan. Hewan ini aktif di pagi hari dan malam hari, dimana saat siang, hewan ini biasanya akan tidur.

Ulat ini termasuk detrivor, dimana ia akan memakan bangkai hewan yang sudah mati. Ulat ini juga memakan daun, buah-buahan dan sayur. Dalam beberapa kasus, hewan ini bahkan dapat menyerang dan memakan cacing tanah.

Karena perkembang biakan yang cukup cepat, hewan ini sering dianggap spesies invasif, terlebih dengan kemunculannya yang dapat tiba-tiba dan banyak.

Persebaran[sunting | sunting sumber]

Ulat ini asli dari wilayah Asia Tenggara dan saat ini sudah menyebar ke banyak wilayah tropis-subtropis diseluruh dunia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Orthomorpha coarctata (ORTMCO)[Overview]| EPPO Global Database". gd.eppo.int. Diakses tanggal 2024-03-20. 
  2. ^ "MilliBase - Orthomorpha coarctata (Saussure, 1860)". www.millibase.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-03-20. 
  3. ^ "Cook Islands Biodiversity : Asiomorpha coarctata - Long-flange Millipede". cookislands.bishopmuseum.org. Diakses tanggal 2024-03-20.