Lompat ke isi

Organisasi Jihad Islam (Lebanon)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Organisasi Jihad Islam (IJO ; Perancis : Organization du Jihad Islamique (OJI); Arab : حركة الجهاد الإسلامي, diromanisasi : Ḥarakat al-Jihād al-'Islāmiyy, lit. 'Gerakan Jihad Islam') adalah Milisi Syiah Lebanon yang dikenal dengan organisasinya kegiatan pada tahun 1980an selama Perang Saudara Lebanon.

Organisasi Jihad Islam
PemimpinImad Mughniyeh[1]
Waktu operasi1983–1992
MarkasBeirut, Baalbek
Jumlah anggota400+
Sekutu Iran  Hezbollah
Amal
Partai Dakwah Islam[2]
Lawan Angkatan Pertahanan Israel (IDF)
Tentara Lebanon Selatan (SLA)
Pasukan Multinasional di Lebanon (MNF)
Pertempuran dan perangPerang Saudara Lebanon (1975–1990)

Organisasi yang menganjurkan penarikan semua Warga Amerika dari Lebanon ini mengaku bertanggung jawab atas sejumlah penculikan, pembunuhan, dan pemboman kedutaan besar dan Pasukan penjaga perdamaian yang menewaskan beberapa ratus orang. Serangan paling mematikan mereka terjadi pada tahun 1983, ketika mereka melakukan pemboman barak Pasukan penjaga perdamaian MNF Prancis dan AS, dan kedutaan besar Amerika Serikat di Beirut.

Kelompok ini terkait erat dengan kelompok Militan Palestina Fatah al-Islam dan dilaporkan didanai oleh Iran. Kelompok ini juga memiliki hubungan dekat dengan Hezbollah. Adam Shatz menggambarkan Jihad Islam sebagai "pelopor Hezbollah, yang belum ada secara resmi" pada saat pengeboman yang diklaimnya.[3]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ "Hezbollah's most wanted commander killed in Syria bomb". Reuters. 13 February 2008. Diakses tanggal 14 April 2017. 
  2. ^ "حزب الدعوة العراقي.. النسخة الشيعية لجماعة الإخوان المسلمين". 
  3. ^ Shatz, Adam (2004-04-29). "In Search of Hezbollah". The New York Review of Books (dalam bahasa Inggris). 51 (7). ISSN 0028-7504. Diakses tanggal 2024-07-23.