Orectolobus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Orectolobus
Orectolobus leptolineatus (Wobbegong Indonesia) yang difoto di perairan Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Superordo:
Ordo:
Famili:
Genus:
Orectolobus

Bonaparte, 1834
Spesies tipe
Squalus maculatus
Spesies

Lihat teks

Orectolobus /ɒrɛkˈtɒləbəs/ adalah genus hiu karpet dalam keluarga Orectolobidae (Wobbegong). Mereka umumnya dikenal sebagai "Wobbegong", meskipun nama ini juga berlaku untuk anggota famili Orectolobidae lainnya.[1] Anggotanya ditemukan di perairan dangkal beriklim sedang dan tropis di Samudra Pasifik bagian barat dan Samudra Hindia bagian timur, terutama di sekitar Australia dan Indonesia, meskipun satu spesies (O. japonicus) terdapat di utara hingga Jepang.

Anggotanya memiliki pola kripsis berbintik atau belang-belang, dan memiliki lobus dermal memanjang di daerah dekat mulut. Sebagian besar spesiesnya mempunyai panjang maksimum 1,25 m atau kurang, tetapi dua spesies yakni Orectolobus halei dan Orectolobus maculatus mencapai panjang sekitar 3 m (laporan sebelumnya mengenai Orectolobus ornatus yang berukuran serupa disebabkan oleh kebingungan dengan Orectolobus halei). Predator penyergap yang lamban ini biasanya terlihat beristirahat di dasar laut, dan beberapa spesies aktif di malam hari. Meskipun biasanya tidak berbahaya bagi manusia, mereka diketahui suka menggigit namun biasanya hanya jika diinjak, didekati terlalu dekat, atau diganggu.

Spesies[sunting | sunting sumber]

Taksonomi tingkat spesies dalam genus ini telah berubah secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dengan satu spesies yang dideskripsikan pada tahun 2006, tiga spesies dideskripsikan pada tahun 2008, dan satu spesies pada tahun 2010, sedangkan Orectolobus halei umumnya dianggap sebagai sinonim junior dari Orectolobus ornatus hingga tahun 2006. Sebelumnya spesies Eucrossorhinus dasypogon dan Sutorectus tentaculatus dimasukkan dalam genus ini, tetapi sekarang masing-masing ditempatkan dalam genus tunggalnya. Berikut merupakan daftar spesies dari genus Orectolobus:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Froese, Rainer and Pauly, Daniel, eds. (2011). Species of Orectolobus di FishBase. Versi February 2011.