Wobbegong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wobbegongs
Rentang fosil: Jura Akhir–Sekarang
Spotted wobbegong.jpg
Wobbegong berbintik, Orectolobus maculatus
Klasifikasi ilmiah
Genera

Eucrossorhinus
Orectolobus
Sutorectus

Wobbegong adalah istilah yang mengacu kepada 12 spesies hiu karpet di dalam famili Orectolobidae. Ikan ini dapat ditemui di perairan dangkal tropis dan sedang di Samudra Pasifik barat dan Samudra Hindia timur, khususnya di sekitar Australia dan Indonesia, walaupun satu spesies (Orectolobus japonicus) dapat ditemui di Jepang. Kata "Wobbegong" diyakini berasal dari bahasa penduduk asli Australia yang berarti "jenggot kasar", yang mengacu kepada bentukan di mulut hiu wobbegong dari Pasifik barat.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Wobbegong adalah hiu yang tinggal di dasar laut. Kebanyakan dari mereka memiliki panjang 1,25 m, tetapi hiu-hiu wobbegong yang terbesar, yaitu wobbegong berbintik (Orectolobus maculatus) dan wobbegong teluk (O. halei), memiliki panjang yang dapat mencapai 3 m.

Mereka berkamuflase dengan baik dengan pola simetris yang menyerupai karpet. Maka dari itu, wobbegong seringkali disebut dengan nama hiu karpet. Dengan ini, mereka dapat menyergap mangsa yang lewat di dekatnya.

Interaksi dengan manusia[sunting | sunting sumber]

Wobbegong pada umumnya tidak berbahaya untuk manusia,[1] tetapi mereka telah menyerang para perenang dan penyelam yang terlalu dekat dengan hiu ini.[1] Australian Shark Attack File mencatat lebih dari 50 serangan wobbegong yang tidak terprovokasi,[1] sementara International Shark Attack File mencatat terdapat 28 serangan.[2] Meskipun begitu, serangan-serangan ini sama sekali tidak mematikan.

Genera dan spesies[sunting | sunting sumber]

Terdapat 12 spesies wobbegong yang masuk ke dalam tiga genera:[3]

Genera yang ditemukan dari fosil adalah:

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c John G. West (2011). "Changing patterns of shark attacks in Australian waters" (PDF). Marine and Freshwater Research. hlm. 744–754. 
  2. ^ "Species Implicated in Attacks - International Shark Attack File". Diakses tanggal 2018-04-06. 
  3. ^ Froese, Rainer, and Daniel Pauly, eds. (2009). "Orectolobidae" in FishBase. January 2009 version.
  4. ^ Huveneers (2006). "Redescription of two species of wobbegongs (Chondrichthyes: Orectolobidae) with elevation of Orectolobus halei Whitley 1940 to species level" (PDF). Zootaxa. 1284: 29–51. 
  5. ^ Last, Chidlow & Compagno (2006). "A new wobbegong shark, Orectolobus hutchinsi n. sp. (Orectolobiformes: Orectolobidae) from southwestern Australia" (PDF). Zootaxa. 1239: 35–48. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]