Orang Surigaonon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Surigaonon
Jumlah populasi
367.278[1] (2010)
Daerah dengan populasi signifikan
Filipina
(Caraga, Region Davao)
Bahasa
Surigaonon, Cebuano, Tagalog
Agama
sebagian besar Katolik Roma

Surigaonon adalah suku bangsa yang mendiami dataran pesisir timur Mindanao, khususnya di provinsi Surigao del Norte, Surigao del Sur dan Kepulauan Dinagat. Mereka juga menempati provinsi Agusan del Norte, Agusan del Sur, dan Davao Timur. Mereka termasuk bagian dari orang Bisaya, yang merupakan kelompok etnolinguistik terbesar di Filipina.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Saat ini, Surigaonon berjumlah sekitar 1.000.000 jiwa berdasarkan populasi penutur bahasa Surigaonon di Surigao del Norte, Surigao del Sur, dan Agusan del Norte.

Nenek moyang mereka adalah para imigran berbahasa Austronesia yang datang dari Tiongkok Selatan pada Zaman Besi. Bahasa mereka mirip dengan Cebuano, meskipun terdapat perbedaan dalam beberapa kata dan frasa lokal. Oleh karena itu, sebagian besar ahli bahasa menganggapnya sebagai bahasa terpisah. Karena masuknya pendatang Cebuano ke Mindanao, Surigaonon juga menggunakan bahasa Cebuano sebagai bahasa kedua, bahasa lain yang digunakan adalah bahasa Tagalog dan bahasa Inggris sebagai bahasa ketiga. Mayoritas Surigaonon adalah pemeluk Katolik Roma dengan sedikit pemeluk Islam, berbeda dengan kerabat mereka Tausug yang sebagian besar adalah Muslim.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Suku Surigaonon memiliki budaya yang mirip dengan Cebuano. Surigaonon Pra-Hispanik gemar membuat desain dan ornamen tradisional. Kebanyakan orang Surigaonon bekerja sebagai petani.

Referensi[sunting | sunting sumber]