Opera Shanghai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pementasan opera Shanghai.

Opera Shanghai atau Huju adalah jenis opera Tiongkok dari Shanghai, biasanya dinyanyikan dalam bahasa Wu dialek Shanghai. Opera ini berbeda dengan jenis Opera Tiongkok lainnya yang populer di Shanghai, terutama Opera Yue. Tidak seperti kebanyakan bentuk opera Tiongkok, opera Shanghai biasanya berlatar era modern, terutama periode Republik.

Huju sangat populer di Baihe, administrasi kota tertua di Distrik Qingpu, Shanghai.[1] Ada delapan hingga sepuluh ansambel atau grup musik huju di Baihe, dan banyak penduduk setempat menyewa ansambel ini untuk tampil untuk pernikahan dan pemakaman.[2]

Huju diisi oleh suasana musik yang dimainkan dengan alat musik tradisional Tiongkok, termasuk dizi (seruling bambu transversal), erhu (biola dua senar), pipa (kecapi berbentuk buah pir), yangqin (dulcimer yang dipukul), dan perkusi. Instrumentasi dan gaya terkait erat dengan genre instrumental dari Jiangnan sizhu.

Komposisi lagu Tiongkok terkenal seperti "Melodi Bambu Ungu" (; 紫竹調) telah diadaptasi dan dinyanyikan pada Huju.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Huju "Luo Han Qian" pada tahun 1952

Opera Shanghai berasal dari berbagai kebudayaan di daerah Sungai Huangpu. Menurut catatan sejarah dari 1796, ada lebih dari 200 tahun perkembangan budaya dari opera Huaguxi asli sebelum munculnya opera Shanghai kontemporer.[3]

Selama pemerintahan kaisar Qianlong dari dinasti Qing, Huaguxi sangat populer di Shanghai. Dipengaruhi oleh Huaguxi dan bentuk-bentuk drama lainnya pada masa pemerintahan kaisar Guangxu dari dinasti Qing, lagu rakyat ini berkembang menjadi Tanhuang (滩 簧). Untuk membedakan mereka dari Sutan dan Nibo Tanhuang, orang-orang Shanghai menyebut mereka " bentan " (本滩) atau " shentan " (申滩). Kinerja shentan dimulai di Shanghai sekitar tahun 1900-an.

Sebelum dan sesudah revolusi 1911, shentan dilakukan di berbagai tempat di Shanghai. Pada tahun 1914, Wenbin shao (邵文滨), Lanting Shi (施兰亭), dan Shaolan Ding (丁少兰) yang mengatur tata cara "zhenxinji " Untuk meningkatkan bentan. Itu kemudian diganti namanya "shenqu" (申曲).[4]

Pada tahun 1941, Shanghai Huju She didirikan di Shanghai. Itu adalah ansambel yang terdiri dari beberapa pemain opera.[5] Mereka mengganti nama shenqu sebagai Huju . Selama periode ini, Huju menjadi bentuk seni yang lebih konkret.[6]

Selama 1950-an dan 1960-an, Huju mengadaptasi banyak drama modern. Ini mengadopsi pembagian tindakan dan mengakui peran penulis naskah dan sutradara pada waktu yang jauh lebih awal daripada bentuk seni serupa lainnya. Red Lantern dan Shajiabang — drama Jingju (Opera Peking) paling berpengaruh di antara delapan model drama yang diciptakan selama Revolusi Kebudayaan — keduanya diadaptasi dari drama Huju.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Huju dilakukan dalam bahasa Wu dengan dialek Shanghai, bahasa yang sangat berbeda dari bahasa Mandarin. Penerjemah biasanya sering tersedia di tempat pementasan.

Potongan-potongan cenderung mencerminkan aspek-aspek tertentu dari kehidupan nyata karena mereka berasal dari lagu-lagu daerah. Pertunjukan Huju awal hanya membutuhkan dua pemain: satu memainkan alat musik dan yang lainnya menceritakan kisah kontemporer. Huju juga mengadopsi banyak elemen film dan drama dalam desain pencahayaan, ekspresi, dan panggung. Melalui Huju, orang bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih baik tentang kehidupan dan sejarah orang-orang Shanghai.

Prospek masa depan[sunting | sunting sumber]

Seperti banyak jenis opera daerah Tiongkok lainnya, Huju mulai jarang dipentaskan. Dialek Wu, yang berkaitan dengan Shanghai, saat ini tidak populer di kalangan penonton lokal. Pertunjukan Huju menurun,[7] dan beberapa aktor muda mengambil bentuk seni ini ketika televisi dan film memiliki lebih banyak popularitas dan pengaruh. Sementara itu, kurangnya naskah Huju yang baik juga merupakan masalah bagi kelangsungan hidup Huju.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Opera lover protects art form in Qingpu". Eastday/Shanghai Daily. 17 January 2005. 
  2. ^ "2005-01-17 Opera lover protects art form in Qingpu". Qingpu Shanghai Web Portal. Shanghai Qingpu Government. 6 June 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-08. Diakses tanggal 2019-08-29. 
  3. ^ Stock, Jonathan (2003). Huju: Traditional Opera in modern Shanghai. Oxford ; New York : Published for the British Academy by Oxford University Press. ISBN 0197262732. 
  4. ^ "沪剧". 百度百科. 
  5. ^ "1941年上海沪剧社成立 申曲被正式定名为沪剧". 新华网. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-10-22. 
  6. ^ "Learning "Huju" in Shanghai, 1900-1950: Apprenticeship and the Acquisition of Expertise in a Chinese Local Opera Tradition". Asian Music. 33 (2 (Spring - Summer, 2002), pp. 1-42). 
  7. ^ "Shanghai opera". About Education. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-12-18. 
  8. ^ "沪剧". 互动百科. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]