One & Two

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
One & Two
Poster resmi
SutradaraAndrew Droz Palermo
Produser
  • Matthew Perniciaro
  • Kim Sherman
  • Michael Sherman
  • Patrick M. Wood
Ditulis oleh
  • Andrew Droz Palermo
  • Neima Shahdadi
Pemeran
Penata musikNathan Halpern
SinematograferAutumn Durald
PenyuntingAlex O'Flinn
Perusahaan
produksi
  • Bow and Arrow Productions
  • Son of a Gun Productions
DistributorIFC Midnight
Tanggal rilis
Durasi90 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris

One & Two adalah film thriller fantasi independen Amerika Serikat tahun 2015 yang ditulis dan disutradarai oleh Andrew Droz Palermo. Film ini dibintangi oleh Kiernan Shipka, Timothée Chalamet, Elizabeth Reaser dan Grant Bowler. Film ini tayang perdana pada 9 Februari 2015, di Festival Film Internasional Berlin.[2] Film ini dirilis pada 14 Agustus 2015, dalam rilis terbatas dan melalui video on demand oleh IFC Midnight.[3]

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini menceritakan keluarga Kristen beranggotakan empat orang yang hidup damai dalam isolasi yang disengaja. Anak-anak, Eva dan Zac, dapat melakukan teleportasi jarak pendek, asalkan mereka dapat melihat kemana tujuan mereka. Mereka menggunakan kekuatan mereka untuk bersenang-senang saat mereka mengejar satu sama lain di sekitar pertanian dan jatuh ke danau. Sebuah tembok besar mengelilingi properti keluarga. Ayah mereka, Daniel, adalah seorang pendisiplin keras yang melarang mereka menggunakan kekuatan mereka karena ayahnya yakin itu tidak wajar. Istrinya Elizabeth sangat lemah, menderita kejang di mana dia tidak bisa bernapas, dan ayahnya percaya penyakit ibunya adalah hukuman dari Tuhan karena anak-anaknya menggunakan kekuatan mereka.

Ketika Eva dan Zac menyelinap keluar saat gelap untuk bermain dan Elizabeth mengalami kejang yang hampir fatal, Daniel menghukum mereka dengan membuat mereka menghadap dinding kamar dan memaku pakaian mereka ke dinding, mencegah mereka berteleportasi. Meski demikian, Eva terus menggunakan kekuatannya, sementara Zac menolak untuk bergabung dengannya. Ketika Eva mencoba untuk menteleportasi burung yang terluka kembali ke sarangnya, burung itu mati, mengungkapkan bahwa berteleportasi dengan siapa pun akan berakibat fatal bagi individu tersebut.

Eva terus menyelinap keluar. Saat Elizabeth meninggal, Daniel menyalahkan Eva. Daniel memukul Eva, meletakkan tas di atas kepalanya dan membuatnya terapung-apung di sungai dengan perahu. Ayahnya mengubur salah satu gaun Eva di kuburan di samping makam ibunya di petak keluarga. Dia memberi tahu Zac bahwa Eva telah diurus, sangat menyiratkan bahwa ayahnya telah membunuhnya. Zac sangat marah dan mengunjungi kuburan daruratnya untuk berkabung.

Eva melayang ke kota terdekat, di mana dia ditemukan dan dibawa ke rumah sakit. Eva berjuang di lingkungan modern. Dia melarikan diri dari rumah sakit, berakhir di bawah jembatan di tepi sungai, di mana dia bertemu dengan tiga orang tua tunawisma yang baik hati. Mereka memberi makan kerupuknya dan memainkan gitar di dekat api sampai polisi tiba, menyebabkan Eva menjadi takut dan berteleportasi. Akhirnya Eva bertemu dengan seorang gadis seusianya di jalan, yang dia ikuti ke panti jompo untuk anak perempuan. Seketika, dia melarikan diri lagi dan memutuskan untuk pulang ke Zac. Tersirat bahwa dia memiliki koneksi ke Zac, karena dia dapat menemukan rumah mereka melalui teleportasi jarak pendek di sepanjang jalan.

Sementara itu, Zac berjuang hidup bersama Daniel. Setelah pertengkaran hebat, Zac menangkap Daniel dan berteleportasi, tidak menyadari konsekuensinya. Yang membuatnya ngeri, Daniel meninggal tak lama kemudian. Keesokan paginya, Eva tiba di tembok, berteleportasi ke udara dan kemudian ke tanah sebelum dia menabraknya. Zac selesai mengubur ayahnya dan melihatnya di hutan. Mereka berlari dan saling berpelukan. Saat mereka berduka atas orang tua mereka, mereka membakar rumah masa kecil mereka sebagai tindakan pembaharuan.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

One & Two menerima beragam ulasan negatif dari para kritikus. Di situs web agregator ulasan Rotten Tomatoes, film ini memegang peringkat persetujuan 47% berdasarkan 17 ulasan, dengan peringkat rata-rata 5,4/10.[4] Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, memberi film ini skor 47 dari 100, berdasarkan delapan kritik, yang menunjukkan "ulasan campuran atau rata-rata".[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ONE & TWO (12A)". British Board of Film Classification. December 24, 2015. Diakses tanggal December 24, 2015. 
  2. ^ "- Berlinale - Archive - Annual Archives - 2015 - Programme - One & Two". berlinale.de. Diakses tanggal 23 July 2015. 
  3. ^ "Kiernan Shipka Discusses Post-'Mad Men' Debut in Indie Drama 'One & Two'". yahoo.com. 21 July 2015. Diakses tanggal 23 July 2015. 
  4. ^ "One & Two". Rotten Tomatoes. Fandango Media. Diakses tanggal November 1, 2022. 
  5. ^ "One & Two Reviews". Metacritic. Fandom, Inc. Diakses tanggal December 3, 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]