Lompat ke isi

Omar Sy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Omar Sy

Omar Sy (lahir 20 Januari 1978) adalah seorang pemeran dan produser asal Prancis kelahiran Trappes. Ia dikenal karena memiliki daya pikatnya dalam berbagai peran dalam bahasa Prancis maupun Inggris, genre komedi sampai misteri.

Ia meniti karier melalui tayangan suara dalam sketsa komedi di Radio Nova dengan komikus Jamel Debbouze, pada 1996. Di sana, ia juga bertemu dengan pelawak Fred Testot. Mereka menampilkan sketsa komedi di televisi sebagai Omar dan Fred yang diterima. Pada 2005, mereka mulai membintangi acara sketsa komedi yang sangat populer Service après-vente des émissions dan ditayangkan sampai 2012. Setelah itu, Omar Sy mulai menerima tawaran film.

Ia tampil di beberapa film komedi, seperti Nos jours heureux dan Tellement proches. Pada 2011, sutradara Olivier Nakache dan Éric Toledano mengajaknya membintangi Intouchables. Berkat perannya dalam film tersebut, nama Omar Sy melejit dan mendapat Penghargaan César untuk Aktor Terbaik.

Pada 2012, Omar Sy dan keluarganya pindah ke Los Angeles untuk masuk ke Hollywood. Peran pertamanya dalam Hollywood melalui X-Men: Days of Future Passed pada 2014. Satu tahun kemudian, ia membintangi film Jurassic World dan Burnt. Ia mendapatkan peran yang lebih penting melalui Chocolat pada 2016. Setelah itu, ia semakin sering tampil dalam beragam film, Knock (2017), Yao (2018), The Wolf’s Call (2019), dan The Call of the Wild (2020).

Omar Sy mendapat pujian luas atas penampilannya dalam serial Netflix Lupin dari 2021 sampai 2023. Pada serial tersebut, ia menjadi pemeran utama Assane Diop, seorang pencuri yang terinspirasi oleh kisah klasik Prancis Arsene Lupin karya Maurice Leblanc. Ia juga bekerja sebagai produser artistik dalam serial tersebut. Selanjutnya, ia berakting dalam film lainnya, seperti The Takedown dan Jurassic World: Dominion pada 2022.[1]

Referensi

[sunting | sunting sumber]