Om Telolet Om

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Om Telolet Om (dikenal juga dengan #OmTeloletOm) adalah fenomena di mana para anak-anak maupun remaja meminta supir bus untuk membunyikan klakson bus yang sudah dimodifikasi menjadi sebuah irama.[1][2] Fenomena ini cukup terkenal namun hanya dalam waktu yang sangat singkat saja. Fenomena ini masuk ke ranah internet dan media sosial yang kemudian menjadi terkenal saat anak-anak remaja mengganggu akun media sosial figur publik seperti Donald Trump, Marshmello, Firebeatz, Dillon Francis, Cash Cash, maupun figur publik lainnya dengan cara membagikan fenomena "Om Telolet Om" melalui kolom komentar secara langsung.[3] Fenomena ini kemudian ditanggapi dengan dibuatnya berbagai aransemen musik oleh para disjoki, lalu dipublikasikan melalui akun media sosial mereka dan dimainkan dalam konser massal.[4] Salah satu konser musik yaitu Life in Color Miami mengumumkan bahwa "Om Telolet Om" adalah tema rahasia mereka.[5]

Kata "telolet" merupakan onomatope atau tiruan bunyi dari bunyi klakson, dan kata ini juga merupakan suatu palindrom.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Franciska, Christine (21 Desember 2016). "Om telolet om: Bus pertama yang membuat tren klakson ini mendunia". BBC Indonesia. Diakses tanggal 22 Desember 2016. 
  2. ^ "'Om Telolet Om' phenomenon goes viral". The Jakarta Post. 21 Desember 2016. Diakses tanggal 22 Desember 2016. 
  3. ^ "What is 'Om Telolet Om' and why are DJs sharing it?". BBC News. 21 Desember 2016. Diakses tanggal 22 Desember 2016. 
  4. ^ Medved, Matt (20 Desember 2016). "'Om Telolet Om': How Viral Indonesian Meme Confused the Dance Music World". Billboard. Diakses tanggal 22 Desember 2016. 
  5. ^ Bein, Kat (21 Desember 2016). "Om Telolet Om: Life in Color Miami Responds to Indonesian Meme". Billboard. Diakses tanggal 22 Desember 2016.