Olympic FC

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Olympic FC
Berkas:Olympic FC logo.jpg
Nama lengkapOlympic Football Club
JulukanOlympic
Berdiri1967
StadionGoodwin Park
(Kapasitas: 1,500)
KetuaPeter Ioannidis
Head CoachBen Cahn
LigaTemplat:Australian soccer updater
Templat:Australian soccer updaterTemplat:Australian soccer updater
Situs webSitus web resmi klub
Kostum kandang
Kostum tandang

Olympic Football Club adalah klub semi-profesional soccer yang berbasis di Brisbane, Queensland. Klub ini didirikan pada tahun 1967 dan saat ini berkompetisi di National Premier Leagues Queensland, dengan pertandingan kandang dimainkan di Goodwin Park. Klub telah berkembang pesat dalam 15 tahun terakhir berkembang dari 190 pemain terdaftar menjadi lebih dari 855 pemain.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Olympic FC didirikan pada tahun 1967 oleh imigran Yunani, dengan nama Pan Rhodian Soccer Club, berafiliasi dengan Queensland Soccer Association. Tahun berikutnya klub bergabung dengan Queensland Soccer Federation, mengubah namanya menjadi Brisbane Olympic United sebagai syarat untuk bergabung dengan federasi.[2] Warna klub awalnya biru dan putih hingga berubah menjadi merah putih pada akhir tahun 2000-an. Pada tahun 2008, klub kembali berganti nama menjadi Olympic FC setelah bergabung dengan Queensland State League (QSL). Setelah bermain di QSL pada tahun 2008 dan 2009, klub tersebut memilih untuk bermain di Brisbane Premier League untuk musim 2010.

Liga Negara Bagian Queensland akhirnya digantikan oleh kompetisi Liga Utama Nasional. Pada tahun 2013, Olympic FC dianugerahi lisensi untuk berkompetisi di musim perdana Queensland National Premier Leagues, sebuah pengakuan atas status klub di negara bagian tersebut.[3] NPL adalah tingkat sepakbola tertinggi kedua di Australia.

Kinerja Klub[sunting | sunting sumber]

Olympic telah memenangkan kompetisi NPL Queensland pada satu kesempatan. Pada musim kompetisi perdana 2013, Olympic mengamankan gelar liga utama dengan dua putaran tersisa, mengalahkan Moreton Bay United 3-1. Olympic FC kemudian mengamankan kemenangan atas Brisbane City 3–3 (3–0) melalui adu penalti di Grand Final NPL Queensland di Goodwin Park. Sejak 2013, Olympic FC terus tampil baik di kompetisi ini, mengamankan beberapa finis di papan atas.

Klub ini kalah 2-1 dari Lions FC lagi di Grand Final NPL Queensland 2018 di Lions Stadium.

Olympic FC telah bermain di putaran nasional Piala FFA pada dua kesempatan. Klub lolos pada tahun 2014, maju ke Babak 16 besar sebelum kalah tipis dari Central Coast Mariners, tim profesional A-League. Klub lolos lagi pada tahun 2018, tetapi kalah dari rival lokal Lions FC di Babak 32 besar.

Halaman rumah[sunting | sunting sumber]

Olympic FC pertama kali bermain di Pineapple Park, sebuah lapangan dekat Gabba Cricket Ground di Kangaroo Point. Pada 1970-an, Olympic pindah ke Dutton Park. Pada tahun 1982, klub pindah ke kandang saat ini di Yeronga, Goodwin Park.

Pemain Terkemuka[sunting | sunting sumber]

Olympic FC telah mengembangkan pemain-pemain terkenal. Michael Zullo, juara A-League dan Sepak Bola, bermain untuk Olympic FC saat masih kecil.

Jai Ingham dan Dane Ingham keduanya menghabiskan tahun-tahun formatif di klub sebelum bermain secara profesional di A-League. Kedua bersaudara ini telah bermain untuk Selandia Baru secara internasional, dengan Dane Ingham terutama memulai semua pertandingan Selandia Baru di Piala Konfederasi FIFA 2017, bersaing dengan Cristiano Ronaldo saat bermain melawan Portugal. Dane baru berusia 18 tahun ketika melakukan debutnya, menjadikannya pemain termuda kedua yang pernah bermain di Piala Konfederasi FIFA.

Skuad saat ini[sunting | sunting sumber]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
1 GK Australia AUS Lachlan Hunter
2 DF Australia AUS Shelford Dais
3 DF Australia AUS Zac Anderson
4 DF Australia AUS Jack Glover
6 MF Australia AUS Matt Mundy
7 MF Australia AUS Daniel Leck
8 MF Selandia Baru NZL Keegan Jelacic
9 FW Australia AUS Zachary Kierpal
10 MF Australia AUS Steve Whyte
11 MF Jepang JPN Takeru Okada
12 FW Australia AUS Costa Psaros
14 FW Australia AUS Shannon Brady
No. Pos. Negara Pemain
17 DF Australia AUS Danny Driver
18 MF Australia AUS Lachlan Sayers
19 DF Australia AUS Jack Meredith
20 FW Australia AUS Jayden Dee
21 GK Australia AUS Brandon Cuminao
22 DF Australia AUS James Cuminao
23 MF Australia AUS Prasiddha Paudyal
24 DF Jepang JPN Taira Yoshimura
26 MF Australia AUS Danilo Kovacevic
30 MF Australia AUS Declan Baker
39 DF Australia AUS Will Laskaris
50 GK Australia AUS Jayden Tower

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "History – Olympic FC". Olympic FC (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-08-01. 
  2. ^ .net.au/club/history/ "History – Olympic FC" Periksa nilai |url= (bantuan). Olympic FC (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-08-08. [pranala nonaktif permanen]
  3. ^ "History". olympicfc.net.au. Diakses tanggal 1 Juli 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]