Olga Segura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Olga Segura (lahir pada 16 Agustus 1986) merupakan artis dan produser asal Meksiko.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Olga Segura merupakan produser dan artis asal Los Angeles yang lahir di Meksiko. DIa memenangkan Newcomer Award pada acara GQ Mexico Awards ceremony pada November 2015[butuh rujukan]. Saat ia bekerja di Meksiko, pada 2009 ia mendirikan rumah produksinya sendiri, Producciones a Ciegas[1] bersama dengan saudara lelakinya Juan Carlos Segura dan aktor Héctor Jiménez. Sejak didirikan perusahaan telah memproduseri dan mendanai delapan film[2].

Segura memulai berakting dan menjadi produser pada awal kariernya pada 2011 dengan film berjudul Cellmates yang disutradarai oleh Jesse Baget, ia menjadi peran pembantu untuk penampilan Tom Sizemore dan Stacy Keach[3]. Dia juga menjadi produser dan berakting di film berjudul Goats (film), yang terpilih untuk tampil pada Sundance di tahun 2012[4]. Setelah itu, Segura menjadi produser dan berperan dalam film besutan penulis-sutradara asal Meksiko Omar Ynigo yang berduet dengan Marcelo, dimana film itu menampilkan Aarón Díaz, Laura Zapata, dan Héctor Jiménez[5]. Film tersebut tampil perdana pada Festival Film Internasional Morelia tahun 2012, dan juga tampil pada Festival Film Internasional Guadalajara dan Festival Film Ischia di Italia pada 2013.

Segura di Penghargaan Alma 2012

Sundown, film yang disutradarai oleh Fernando Lebrijia asal Meksiko, didistribusikan oleh VideoCine di Meksiko, dijual secara domestik oleh Creative Artists Agency (CAA) dan direncanakan rilis secara global paa 2016[6]. Pada González: falsos profetas yang disutradarai oleh Christian Diaz Pardo, Segura tampil bersama dengan Carlos Bardem dan Harold Torres. Film diterima oleh banyak kritikus dan memenangkan dua penghargaan pada Festival Film Internasional Morelia untuk kompetisi feature film di tahun 2013[7]. Border Run, film yang disutradarai oleh Gabriela Tagliavini asal Argentina, dinominasikan sebagai Film Terbaik pada ajang Penghargaan Imagen tahun 2012, pada film itu Segura tampil sebagai pemeran pembantu dari bintang internasional Sharon Stone dan Billy Zane[8]. Segura tampil bersama dengan model dan artis asal Kolombia Carolina Guerra pada La Luciernaga yang disutradarai dan ditulis oleh Ana Maria Hermida. Film tampil perdana untuk kategori Female Filmmakers New Mavericks pada Atlanta Film Festival dan juga ditampilkan pada Annual Festival Internacional del Nuevo Cine Latinoamericano ke-37 di La Habana, Kuba.

Pada 2015, Segura tampil pada mini seri yang diproduksi oleh History (saluran TV) berjudul Texas Rising yang disutradarai oleh Roland Joffe, film ini menampilkan Bill Paxton, Brendan Fraser, dan Jeffrey Dean Morgan. Selain itu, Segura juga tampil pada 16 episode dari telenovela populer di stasiun Telemundo berjudul Señora Acero[9].

Segura juga tampil pada film psychological thriller berjudul Veronica (2017 Mexican film) yang disutradarai oleh Carlos Algara dan Alejandro Martinez-Beltran dimana ia tampil bersama dengan artis dengan empat nominator penghargaan Ariel Award, Arcelia Ramírez. Film ini memenangkan Roma Lazio Blood Award untuk post-production funding dalam ajang Ventana Sur Film Market tahun 2015. Segura juga tampil dengan Manolo Cardona dan Paz Vega dalam serial 14 episode berjudul La Hermandad (The Brotherhood) yang disutradarai oleh Carlos Bolado dan Humberto Hinojosa. La Hermandad merupakan salah satu karya terbaru dari konten original yang diproduksi oleh layanan streaming asal Meksiko, ClaroVideo yang dijadwalkan keluar pada 2016[10].

Segura dan Producciones a Ciegas mendanai produksi The Truth About Emanuel yang ditulis dan disutradarai oleh Francesca Gregorini yang menampilkan Jessica Biel, Kaya Scodelario, dan Alfred Molina. Film ini tampil perdana di Festival Film Sundance tahun 2013 untuk US Dramatic Competition, film ini memenangkan dua penghargaan saat tampil di Ashland Independent Film Festival[11].

Bersama dengan rekannya yaitu Caldecot Chubb dan Eva Maria Daniels, Segura membantu mengembangkan dan menyiapkan film berjudul The Dinner (film 2017), yang mengambil gambar di New York pada Januari dan Februari 2016. Film diadaptasi dari novel populer karya Herman Koch berjudul Oren Moverman, dan menampilkan Richard Gere, Steve Coogan, Laura Linney, dan Rebecca Hall[12][13].

Filmografi[sunting | sunting sumber]

  • Veronica, 2017
  • Mexiwood, 2016
  • Sundown, 2016 sebagai Petugas Hotel
  • The Firefly, 2015 sebagai Mariana
  • Little Paradise, 2015 sebagai Lupita
  • González: falsos profetas, 2014 sebagai Betsabé
  • The Garden of Steven, 2012 sebagai Magdalena
  • Border Run (2012)
  • Hidden Moon, 2011 sebagai Inés
  • Marcelo, 2011 sebagai Lucy
  • Goats (film) (2012)
  • Cellmates (2011)

acara TV[sunting | sunting sumber]

  • Texas Rising (seri mini TV), 2015 sebagai Concepcion
  • Señora Acero, 2014 sebagai Edith Phillips
  • El encanto del águila, 2011 sebagai Filomena del Valle

Teater[sunting | sunting sumber]

  • Pizza Man (diadaptasi ke bahasa Spanyol) disutradarai oleh Eduardo Arroyuelo, sebagai Julie
  • When Will I Dance sebagai Frida disutradarai oleh Celia Cotelo
  • The House Of Bernarda Alba sebagai Adela disutradarai oleh Steve Helgot

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Producciones A Ciegas". www.produccionesaciegas.com. 
  2. ^ "With Producciones A Ciegas (Sorted by Popularity Ascending)". IMDb. 
  3. ^ "Cellmates" – via www.imdb.com. 
  4. ^ "Goats" – via www.imdb.com. 
  5. ^ "Marcelo" – via www.imdb.com. 
  6. ^ "Sundown" – via www.imdb.com. 
  7. ^ "González: falsos profetas" – via www.imdb.com. 
  8. ^ "Border Run" – via www.imdb.com. 
  9. ^ "Lady of Steel" – via www.imdb.com. 
  10. ^ de la Fuente, Anna Marie (October 7, 2015). "Mexico's ClaroVideo Ups Original Content Production (Exclusive)". 
  11. ^ "The Truth About Emanuel" – via www.imdb.com. 
  12. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-06. Diakses tanggal 2016-02-29. 
  13. ^ Sentinel, El. "Olga Segura, actriz y productora". orlandosentinel.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]