Olena Apanovich

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Berkas:Apanovich.jpg
Potret Olena Apanovych

Olena Apanovych ( Ukraina: Олена Михайлівна Апанович ) (9 November 1919 – 21 Februari 2000) adalah seorang sejarawan Ukraina, peneliti Zaporozhian Cossackdom . Dia adalah penerima hadiah Antonovych.

Riwayat hidup[sunting | sunting sumber]

Olena Apanovych lahir di Melekes, Kegubernuran Simbirsk (sekarang Dimitrovgrad, Oblast Ulyanovsk ), Rusia, dari keluarga pegawai kereta api. Kerabatnya menceritakan ibunya melahirkan Olena di gerbong kereta api. Ayahnya adalah keturunan petani Belarusia (maka nama belakang Belarusia Apanovich ) dan ibunya adalah keturunan bangsawan Polandia kecil. Dia menghabiskan seluruh masa kecilnya di Manchuria, Cina timur laut, tempat ayahnya bekerja. Keluarganya dideportasi dari China oleh Jepang. Mereka menetap di Kharkiv pada tahun 1933, tempat Olena menyelesaikan sekolah menengahnya. Ibu Olena meninggal segera setelah itu dan ayahnya ditekan pada tahun 1939 dengan tuduhan palsu.

Pada tahun 1937, ia masuk ke "All-Union Institute of Journalism" di Moskow, tetapi sekolah tersebut segera ditutup dan Apanovych kembali ke Kharkiv di mana ia lulus dari Institut Pedagogis (Fakultas Bahasa dan Sastra Rusia) tak lama sebelum permulaan Abad Kedua . Perang Dunia . Setelah dimulainya invasi Jerman, dia dievakuasi ke Kazakhstan dan Bashkiria . Sejak Mei 1944, Olena bekerja di Arsip Negara Pusat Ukraina di Kyiv sebagai peneliti dan menyiapkan banyak dokumen sejarah untuk diterbitkan.

Pada tahun 1950, Apanovych mempertahankan disertasinya untuk gelar Calon Ilmu Pengetahuan (kira-kira setara dengan Ph.D. ) tentang partisipasi Zaporozhian Cossack dalam Perang Rusia-Turki tahun 1768-1774. Dia kemudian bergabung dengan Institut Sejarah Akademi Ilmu Pengetahuan Ukraina sebagai ahli terkemuka di Cossackdom . Selama periode 1950-72, dia memimpin ekspedisi arkeologi ke tempat-tempat yang berhubungan dengan sejarah Zaporozhian Cossack, menerbitkan banyak karya ilmiah, dan membuat daftar lengkap peringatan Zaporozhian Cossack.

Sejak tahun 1972, setelah dipecat karena alasan politik dari Institut Sejarah, Apanovych bekerja di Perpustakaan Ilmiah Pusat Akademi Ilmu Pengetahuan Ukraina, memberikan kontribusi signifikan dalam penelitian manuskrip. Pada awal 1980-an, ia sering diundang menjadi konsultan sejarah untuk film dokumenter dan fiksi di Cossackdom Ukraina.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Biografi Apanovych di Museum situs gerakan pembangkang, (dalam bahasa tidak diketahui)
  • Lyudmyla Tarnashynska, "55 tahun «di bawah tanda Clio»." , Dzerkalo Tyzhnia, (The Weekly Mirror), 04-10 September 2004.