Og

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Og’s bed (engraving circa 1770 by Johann Balthasar Probst)

Og, ("raksasa"; bahasa Ibrani: עוג, cog ˈʕoːɡ; Arab: عوج‎, cogh [ʕoːɣ]) menurut Alkitab, adalah seorang raja Amori Basan yang bersama dengan tentara-tentaranya, dibunuh oleh Musa dan anak buahnya pada Pertempuran Edrei. Dalam Islam ia disebut ‘Uj ibn Anaq (‘Ûj ibn ‘Anâq عوج بن عنق) sebagai salah satu raksasa disebutkan dalam Al Qur'an (jababirat atau jabbirun).

Og disebutkan dalam cerita Yahudi hidup sejak zaman Nuh sampai saat kematiannya dalam pertempuran dengan orang-orang Israel. Hal ini juga tertulis dalam Midrash [1] bahwa ia memiliki kompartemen khusus dalam bahtera Nuh hanya untuk dia. Aggadah menyarankan alternatif untuk ini, bahwa ia duduk di puncak tabut, naik keluar banjir selama badai dari lokasi ini.

Penghancuran Raja Og[sunting | sunting sumber]

Og diperkenalkan dalam Kitab Bilangan. Seperti tetangganya Sihon dari Hesybon, yang sebelumnya ditaklukkan Musa pada pertempuran Yahas , Og adalah seorang raja Amori, penguasa Basan, yang memiliki enam puluh kota bertembok dan banyak kota tidak bertembok, dengan ibukotanya di Asytarot (mungkin sekarang Tell Ashareh).

Kitab Ulangan melanjutkan:

"Kemudian beloklah kita dan maju ke arah Basan. Dan Og, raja Basan, dengan seluruh tentaranya maju mendatangi kita, untuk berperang di Edrei.Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: Janganlah takut kepadanya, sebab Aku menyerahkan ke dalam tanganmu beserta seluruh tentaranya dan negerinya, dan perlakukanlah dia seperti yang kaulakukan terhadap Sihon, raja orang Amori, yang diam Hesybon. Dan TUHAN, Allah kita, menyerahkan juga Og, raja Basan, beserta seluruh tentaranya ke dalam tangan kita dan kita mengalahkan dia, sehingga tidak seorang pun luput.

Penghancuran Og adalah kata dalam Mazmur 135:11 136:20 dan sebagai salah satu dari kemenangan besar banyak untuk bangsa Israel, dan Kitab Amos 02:09 mungkin mengacu pada Og sebagai "orang Amori" yang tingginya seperti ketinggian aras dan yang kekuatannya adalah seperti pohon ek.

Sastra[sunting | sunting sumber]

  • Kosman, Admiel: "Kisah Kisah Raksasa - Jalan Berliku Raja Og dari Basan dalam Tradisi Aggadic Yahudi", dalam: HUCA 73, (2002) hlm 157-190.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Talmud Bavli Zabahim 113b; Pirkei D’Rebbi Eliezer (Heigar) “Chorev” Ch. 23 ד"ה וזה אשר תעשה; Yalkut Shimoni, Torah, Parashas Noach, Remez 55 ד"ה זכר ונקבה יהיו; Yalkut Shimoni, Torah, Parashas Noach, Remez 56 ד"ה ד"א ויהי לשבעת; Yalkut Shimoni, Job, Remez 926 ד"ה +לט+ התקשר רים. These sources were found using Bar Ilan CD.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]