Oasis Hong Kong Airlines

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Oasis Hong Kong Airlines
甘泉香港航空
Oasis Hong Kong Airlines logo.png
IATA ICAO Kode panggil
O8 OHK OASIS
Didirikan Februari 2005
Berhenti beroperasi April 2008
Penghubung Bandar Udara Internasional Hong Kong
Armada 5
Tujuan Bendera Hong Kong Bandar Udara Internasional Hong Kong
Bendera Britania Raya Bandar Udara Gatwick London
Bendera Kanada Bandar Udara Internasional Vancouver
Kantor pusat  Hong Kong
Tokoh utama

Stephen H. Miller, (CEO)

Rev. Raymond C. Lee & Priscilla H. Lee, (Ketua dan Direktur Eksekutif)
Situs web http://www.oasishongkong.com/

Oasis Hong Kong Airlines (Bahasa Mandarin: 甘泉香港航空有限公司) adalah nama sebuah maskapai penerbangan Hong Kong. Maskapai ini didirikan pada bulan Feburari 2005 dan bermarkas di Bandara Internasional Hong Kong.

Oasis Hong Kong Airlines yang didirikan oleh seorang pendeta, Pdt. Raymond C. Lee, dan istrinya, Priscilla H. Lee, memiliki armada yang terdiri dari dua pesawat Boeing 747-412. Kedua pesawat ini digunakan sebelumnya oleh Singapore Airlines. Presiden Direktur Oasis Airlines, Steve Miller, yang sebelumnya pernah mendirikan sebuah maskapai yang bermarkas di Hongkong, Dragonair.

Oasis merupakan maskapai dengan jarak jauh pertama yang menerapkan model penerbangan anggaran terjangkau (relatif murah). Oasis menawarkan penerbangan tanpa henti (non stop) dari Hongkong ke London untuk sementara ini. Penerbangan perdana dengan rute Hong Kong - London dilakukan pada tanggal 26 Oktober 2006. Sejauh ini, penerbangan ini juga merencanakan untuk menambah rute penerbangan ke negara-negara Eropa lainnya dan Amerika Serikat, seperti Milano (Italia), Berlin, Köln/Bonn (Jerman) dan Oakland, Chicago (Amerika Serikat).

Bandara-bandara udara (hubs) Oasis yang tersebut di atas kebanyakan adalah bandara udara dengan biaya murah. Sebagai contohnya, Gatwick London, Malpensa Milano dan Schönefeld Berlin, yang merupakan hub dari maskapai murah Inggris Easyjet yang melayani 30 tujuan penerbangan di Eropa. Sementara Köln/Bonn adalah hub dari maskapai murah Jerman, Germanwings dan Bandara Internasional Oakland adalah hub dari Southwest Airlines.

Tiket Oasis dapat diperoleh melalui website perusahaannya atau biro perjalanan dan terdiri dari kelas ekonomi dan bisnis. Harga tiket sekali jalan dengan rute Hongkong-London mulai dari £75 atau HK$1.000 (belum termasuk pajak dan biaya lainnya) sudah termasuk santapan dan hiburan di pesawat. Jumlah tiket dengan harga ini setidaknya 10% dari total tiket. Untuk kelas bisnis, harga tiket mulai dari £470 or HK$6.600 (belum termasuk pajak dan biaya lainnya).

Penerbangan pertama Oasis, 08700, lepas landas pada tanggal 26 Oktober 2006 setelah tertunda satu hari. Awalnya penerbangan ini direncanakan lepas landas pada tanggal 25 Oktober 2005, namun Rusia menolak penerbangan ke London ini satu jam sebelum jadwal penerbangan. Hari berikutnya, Rusia baru mengizinkan penerbangan ini melalui daerah udaranya.

Penerbangan yang bertujuan ke Bandara Gatwick London ini juga tidak berjalan mulus, setelah tertunda 2 jam (jadwal penerbangan pada saat itu adalah hampir tengah malam). Sejumlah dua puluh penumpang terpaksa dikurangi karena pintu daruratnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Oasis Hong Kong Airlines dilikuidasi pada 9 April 2008. Penerbangan terakhir, penerbangan O8 901, berangkat dari Vancouver pada 10:15 dan tiba di Hong Kong pada pukul 15:09. Likuidator KPMG China mengumumkan likuidasi dalam 14:00 pada hari itu dan selama beberapa hari berikut KPMG akan melakukan pencarian untuk pembeli potensial bagi maskapai ini.

Layanan[sunting | sunting sumber]

Yang membedakan Oasis dari maskapai penerbangan lainnya adalah tawaran layanan tambahan pilihan yang dapat dibeli penumpang. Hiburan dan santapan hangat sudah termasuk dalam harga tiket, akan tetapi penumpang dapat memesan santapan yang lebih baik (Gourmet Meal Service), sampanye, kue Black Forest dan juga alat-alat kosmetik.

Meskipun maskapai Oasis menerapkan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan penerbangan lainnya, ia menjanjikan untuk menawarkan kenyamanan penerbangan yang kompetitif juga. Ukuran tempat duduk untuk kelas ekonomi adalah 32", yang sama atau sedikir lebih luas dibandingkan penerbangan lain dengan rute Hongkong-London. Sementara untuk kelas bisnis, ia menawarkan ukuran tempat duduk 60" untuk penumpang bisnis atau penumpang yang mendambakan kenyamanan lebih. Kabin 747-400 ini dikonfigurasi sedemikian rupa untuk 81 tempat duduk kelas bisnis dan 278 kelas ekonomi.

Armada[sunting | sunting sumber]

Dua pesawat 747-412 yang dimiliki oleh Singapore Airlines terdahulunya. Registrasi armada: B-LFA, B-LFB.

Pesawat pertama digunakan oleh Iberia Airlines sebelum bergabung dengan Oasis. Konfigurasi tempat duduknya adalah 81 untuk kelas bisnis dan 278 untuk kelas ekonomi. Pesawat ini, B-LFA (cn 24063/736) dikirim ke Singapore Airlines pada bulan Juli 1989 dengan registrasi 9V-SMC. Pesawat ini kemudian disewakan ke China Airlines dengan registrasi 3B-SMC pada pertengahan 1990-an untuk menutupi pesawat Boeing lain 747-400 yang melampaui batasan sewaktu hendak bertolak dari landasan di Bandara Kai Tak Hong Kong pada tahun 1983. Pesawat ini kemudian disewakan ke Iberia Airlines dengan registrasi TF-AMA. Pesawat ini sempat dimiliki oleh SIA Engineering Co. Ltd. sebelum dijual ke Oasis. Akhirnya pesawat ini dikirim ke Oasis pada tanggal 19 September 2006.

Pesawat kedua berkemungkinan akan dikirim pada November 2006 atau 2007. Sementara itu, ada juga kabar burung yang menyebutkan bahwa Oasis berkemungkinan membeli pesawat impian Boeing 787.

Tujuan penerbangan[sunting | sunting sumber]

Tujuan penerbangan dari Oasis Airlines pada saat ini hanya beroperasi untuk rute Hongkong-London dan sebaliknya. Namun, jalur-jalur penerbangan lainnya sudah direncanakan. Berikut ini adalah bandara-bandara udara yang menjadi tujuan Oasis Airlines.

Tujuan domestik[sunting | sunting sumber]

Tujuan Internasional[sunting | sunting sumber]

Tujuan Internasional Aktual[sunting | sunting sumber]

Tujuan internasional yang Direncanakan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]