Nusrat Fateh Ali Khan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Ustad Nusrat Fateh Ali Khan (lahir di Faisalabad, Punjab, Pakistan, 13 Oktober 1948 – meninggal di London, Inggris, 16 Agustus 1997 pada umur 48 tahun) (bahasa Urdu: نصرت فتح علی خان) adalah seorang musisi Pakistan yang dikenal di seluruh dunia. Khususnya, ia adalah penyanyi Qawwali, musik puji-pujian para Sufi Islam memuja keagungan Allah SWT, Muhammad SAW, dan Syair-syair puisi yang bersifat Islami. Qawwali populer di daerah utara India dan Pakistan. Ustad Nusrat memiliki reputasi membawa musik tradisional ini ke level internasional dan menciptakan generasi baru pecinta Qawwali, baik di Pakistan maupun di seluruh dunia.

Secara tradisional, Qawwali dipraktekkan turun temurun. Keluarga Nusrat yang berasal dari Faisalabad, Pakistan memiliki tradisi yang tak terputus dalam mementaskan qawwali selama 600 tahun. Salah satu julukan kehormatan Ustad Nusrat adalah Shahenshah-e-Qawwali, yang berarti: Kaisar atau Maharaja Qawwali (Emperor of Qawwals).

Karier Qawwali Nusrat Fateh Ali Khan[sunting | sunting sumber]

Ustad Nusrat Ali Khan mulai menampilkan Qawwali ke tingkat internasional mulai pada awal tahun 80an hingga akhir 90an, ia sudah menampilkan Qawwali di Inggris, USA, dan negara-negara di Eropa. Walaupun penonton asing yang mengerti bahasa yang dinyanyikan oleh Ustad Nusrat dalam bahasa Urdu atau Punjabi kurang, tetapi dengan kekuatan keindahan dan ekstasi musik hasil ustad Nusrat, penonton kelas internasional-pun menggemari Ustad Nusrat dengan kemampuan hebat-nya menampilkan Qawwali.

Prestasi dan penghargaan[sunting | sunting sumber]

Ustad Nusrat Fateh Ali Khan secara luas dianggap sebagai pemusik dan penyanyi Qawwali paling penting dalam sejarah. Pada tahun 1987, Khan menerima Presiden Award Pakistan untuk Kebanggaan Kinerja atas kontribusinya untuk musik Pakistan. Pada tahun 1995 ia menerima Music Prize UNESCO. Pada tahun 1996 ia dianugerahi Grand Prix des Amériques di Festival Film Dunia Montreal sebagai kontribusi luar biasa untuk seni bioskop. Pada tahun yang sama, Khan menerima penghargaan hadiah Seni dan Budaya dari Fukuoka Asia. Pada tahun 2005, Khan menerima gelar dan ikon "Legends" dari penghargaan di Inggris Asia Music Awards. Majalah Time dari 6 November 2006, "60 Tahun Pahlawan Asia", memasukan Ustad Nusrat sebagai salah satu dari 12 seniman dan pemikir dalam 60 tahun terakhir. Dia juga muncul di daftar 50 besar Voices NPR pada tahun 2010. Pada bulan Agustus 2010 ia termasuk dalam daftar CNN dari dua puluh musisi paling ikonik dari lima puluh tahun terakhir. Pada tahun 2008, Khan terdaftar di posisi ke-14 dalam daftar UGO tentang penyanyi terbaik sepanjang masa.

Banyak gelar kehormatan yang diberikan kepada ustad Nusrat selama karir musik 25-tahun itu. Ia diberi gelar Ustad setelah memainkan dan menampilkan musik klasik di Lahore pada ulang tahun kematian ayahnya: Ustad Fateh Ali Khan. Bapaknya juga merupakan pemusik dan penyanyi qawwali hebat pada zamanya.

Ansambel Ustad Nusrat dalam pementasan Qawwali[sunting | sunting sumber]

Di dalam penampilan musik qawwali terdapat grup atau ansambel yang mengiringi penyanyi inti, dan dalam Bahasa Urdu ini dinamakan Humnawa. Dalam pementasan Qawwali Ustad Nusrat, terdapat orang-orang yang diantaranya adalah saudara, sepupu, atau murid dari Ustad Nusrat yang menampilkan Qawwali bersama Ustad Nusrat dalam ansambel musiknya, diantaranya yaitu:

  1. Farrukh Fateh Ali Khan: adalah pemain Harmonium utama dalam ansambel Qawwali Ustad Nusrat
  2. Mujahid Mubarak Ali Khan: adalah sepupu pertama Ustad Nusrat yang bernyanyi sebagai vocal kedua
  3. Rahmat Ali: adalah murid Ustad Nusrat yang bermain Harmonium kedua
  4. Maqsood Hussain: adalah penyanyi vocal chorus
  5. Rahat Fateh Ali Khan: adalah keponakan dan murid Ustad Nusrat dan berperan sebagai vocal dan chorus
  6. Dildar Hussain: adalah pemain Tabla dalam ansambel Ustad Nusrat
  7. Majawar Abbas: adalah pemain mandolin dan guitar, penepuk tangan
  8. Mohammed Iqbal Naqvi: sekretaris ansambel dan vocal/penepuk tangan
  9. Asad Ali: adalah saudara Ustad Nusrat dan vocal/penepuk tangan
  10. Khalid Mahmud: adalah penyanyi chorus dan penepuk tangan
  11. Ilyas Hussain: adalah penyanyi chorus dan penepuk tangan
  12. Ghulam Farid: adalah penyanyi chorus dan penepuk tangan
  13. Kaukab Ali: adalah penyanyi chorus dan penepuk tangan

Salah satu anggota yang signifikan dari pihak ansambel ini yang tidak muncul di daftar diatas adalah Atta Farid. Selama bertahun-tahun, ia berganti-gantian dengan Rahmat Ali sebagai pemain harmonium kedua. Dia mudah diidentifikasi dalam video-video pementasan Ustad Nusrat yang dimana ia memainkan harmonium secara kidal.