Nuffic

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo Nuffic Neso
Logo Nuffic Neso

Nuffic (the Netherlands Organisation for International Cooperation in Higher Education) adalah sebuah organisasi independen non-profit yang berbasis di Den Haag, Belanda. Nuffic didirikan pada 11 Januari 1952 oleh sekelompok lembaga pendidikan tinggi Belanda yang saling bahu membahu untuk kepentingan kerjasama dengan akademis internasional.

Nuffic bertujuan mendukung internasionalisasi dan mempromosikan pendidikan tinggi di Belanda, serta membantu meningkatkan akses ke pendidikan tinggi di seluruh dunia. Nuffic memiliki motto "Linking Knowledge Worldwide" atau "menghubungkan pengetahuan di seluruh dunia". Nuffic memainkan peran penting dalam mengembangkan kerjasama internasional di bidang pendidikan tinggi antara Belanda dan negara lainnya. Selain kantor pusatnya di Den Haag, Belanda, saat ini Nuffic memiliki beberapa kantor perwakilan yang tersebar di seluruh dunia, diantaranya di: Afrika Selatan, Brasil, Tiongkok, India, Meksiko, Rusia, Korea Selatan, Turki, dan Vietnam.

Nuffic Neso Indonesia[sunting | sunting sumber]

Nuffic Neso Indonesia berdiri sejak tahun 1997 dengan nama Netherlands Education Centre or NEC. Pada tahun 2007 NEC berubah nama menjadi Nuffic Neso Indonesia. Nuffic Neso Indonesia merupakan perwakilan resmi dari Nuffic di Indonesia. Kegiatan rutin dari Nuffic Neso Indonesia termasuk pelayanan konseling, baik secara pribadi dan melalui saluran online, surat langsung, iklan, Open House, presentasi, dan sebagainya tentang informasi pendidikan di Belanda, termasuk beasiswa dan kerjasama pendidikan. Selain itu Nuffic Neso Indonesia juga menyelenggarakan Pameran Pendidikan Belanda di beberapa kota di Indonesia dan bersama-sama dengan organisasi pendidikan Eropa lain (DAAD, British Council dan Campus France mengadakan pameran EHEF (European Higher Education Fair). Nuffic juga menyediakan beberapa beasiswa, diantaranya adalah StuNed (kerjasama bilateral antara pemerintah Belanda dan pemerintah Indonesia untuk warga negara Indonesia) dan Orange Tulip Scholarship.

Lokasi Nuffic Neso Indonesia[sunting | sunting sumber]

  • Jakarta: Kompleks Kedutaan Besar Kerajaan Belanda Jalan H.R. Rasuna Said Kav. S-3; Jakarta 12950, Indonesia

Pranala luar[sunting | sunting sumber]