Nuart Sculptur Park

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nuart Sculptur Park

Informasi
Lokasi Bandung Utara, Jawa Barat
Negara Indonesia Indonesia
Jenis objek wisata Wisata Alam dan Seni

NuArt Sculpture Park adalah sebuah museum galeri seni patung yang terletak di bagian Bandung Utara, Jawa Barat, Indonesia. NuArt Sculpture Park ini berlokasi di Jalan Setraduta KII/11, Bandung, Jawa Barat ini merupakan lokasi wisata seni yang ada di Bandung. NuArt Sculpture Park pertama kali dibuka pada tahun 2000. Tempat ini merupakan pusat seni patung karya Nyoman Nuarta. Di dalam gallery menampilkan karya–karya patung hasil Nyoman Nuarta dari awal karier hingga karya terbaru sebagai pemeran utama. Selain museum gallery, di sini juga merupakan tempat proses pembuatan patung karya Nyoman Nuarta itu sendiri.

Sculpture Park[sunting | sunting sumber]

Sculpture Park merupakan sebuah taman seni patung yang merupakan bagian dari museum yang berlokasi di halaman luar museum. di sini patung hasil karya Nyoman Nuarta dipublikasikan diluar (Outdoor), sehingga seluruh pengunjung yang melewati rute masuk gallery dapat melihatnya. di sini juga merupakan proses pembuatan patung hindu terbesar yaitu Garuda Wisnu Kencana.

Gallery[sunting | sunting sumber]

Gallery Berlokasi di dalam gedung NuArt, Gallery ini memiliki dua lantai dengan total area 1000m2 . Lantai pertama di desain khusus untuk karya–karya dari Nyoman Nuarta. Untuk di lantai berikutnya digunakan untuk karya–karya seni dari seniman lain untuk mengapresiasi hasil karya seni mereka.

N Cafe[sunting | sunting sumber]

Nesti Cafe merupakan sebuah café yang terdapat dalam daerah Nuart Sculptur Park. Dalam café ini menawarkan berbagai macam kuliner khas Bali seperti Balinesse Bebek, Crispy Duck, dan beberapa makanan khas bali lainnya. Di dalam café juga terdapat beberapa karya seni lukisan yang diperlihatkan untuk para pengunjung.

Craft Boutique[sunting | sunting sumber]

Craft Boutique merupakan sebuah tempat membuat sekaligus menjual miniatur dari karya–karya Nyoman Nuarta. Selain itu, terdapat juga miniatur karya patung dari beberapa designer, seniman, pengrajin local maupun Internasional. di sini juga menjual beberapa buku karya seni, salah satunya buku Nyoman Nuarta yang ditulis oleh Jim Supangkat.

Workshop[sunting | sunting sumber]

Berlokasi di bawah dekat sungai dan di antara dua taman, merupakan sebuah ruangan pribadi Nyoman Nuarta. Namun, tempat ini hanya dibuka pada hari Weekend. Para pengunjung dipersilahkan untuk melihat lebih dekat bagaimana pembuatan patung yang dibuat oleh Nyoman Nuarta. Ditempat ini pengunjung diperbolehkan untuk berpartisipasi untuk membuat karyanya sendiri seperti patung, lukisan, batik, dan lainnya.

Event[sunting | sunting sumber]

Selain sebagai gallery seni, tempat NuArt Sculpture Park juga bisa digunakan untuk mengadakan acara seperti undangan, pernikahan atau gathering. Luas area dari NuArt Sculpture Park bisa menampung lebih dari 1500 tamu dan untuk area parkir terletak di dalam kawasan NuArt Sculpture Park.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]