Not the End of the World

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Not the End of the World"
Singel oleh Katy Perry
dari album Smile
Dirilis21 Desember 2020 (2020-12-21)
Genre
Durasi2:58
LabelCapitol
Pencipta
  • Katy Perry
  • Michael Pollack
  • Madison Love
  • Jacob Kasher Hindlin
  • Andrew Goldstein
Produser
  • Andrew Goldstein
  • Oscar Görres
Kronologi singel Katy Perry
"Smile"
(2020)
"Not the End of the World"
(2020)
"Electric"
(2021)
Video musik
"Not the End of the World" di YouTube

"Not the End of the World"[1][2] adalah lagu oleh penyanyi asal Amerika Serikat Katy Perry dari album studio keenamnya Smile (2020). Lagu ini dirilis pada 21 Desember 2020 oleh Capitol Records sebagai single ketiga dari album tersebut. Lagu ini ditulis oleh Perry, Michael Pollack, Madison Love, Jacob Kasher Hindlin dan Andrew Goldstein, dan diproduksi oleh Goldstein dan Oscar Görres. Dibangun dari interpolasi melodi dari lagu Steam tahun 1969 "Na Na Hey Hey Kiss Him Goodbye", ini adalah lagu techno-pop dan trap-pop dengan musik disko dan techno yang mendasarinya. Potongan pemberdayaan diri, dengan lirik tentang kepositifan dan ketidakpedulian Perry terhadap kritiknya. Dibandingkan dengan singelnya di tahun 2013, "Dark Horse", komentar musiknya terbagi. Beberapa di antaranya mendepresiasi pesan single ini dalam konteks pandemi COVID-19.

Musik video apokaliptik yang disutradarai oleh duo Similar But Different, dirilis pada hari yang sama dengan single ini. Video tersebut menampilkan sekelompok alien berkulit biru yang memuja Perry dan ingin menculiknya tetapi secara keliru menculik aktris Amerika Serikat Zooey Deschanel karena kemiripannya dengan Perry. Deschanel tidak dikenali, dan untuk menyelamatkan planet tersebut, dia berpura-pura menjadi Perry dengan mengenakan pakaiannya dan tampil di akhir. Lagu ini menjadi soundtrack postingan Perry yang mendorong masyarakat untuk memilih pada pemilu Amerika Serikat 2020. "Not the End of the World" dibawakan pada Gala T Mall Double 11 dan konser residensi Play (2021–2023).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chan, Anna (August 2, 2020). "Katy Perry Reveals Her and Orlando Bloom's Favorite Songs on Her New Album". Billboard. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 31, 2023. Diakses tanggal March 31, 2023. 
  2. ^ Gray, Mark (December 30, 2021). "Katy Perry Sings in a Toilet, Toasts a Giant Mask, and Plays the Hits at Vegas Residency". Rolling Stone. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 30, 2021. Diakses tanggal February 5, 2022.