Not setengah ketuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gambar 1. Nada kedelapan dengan batang memanjang ke atas, nada kedelapan dengan batang memanjang ke bawah, dan nada kedelapan berhenti.
Gambar 2. Empat nada kedelapan berseri-seri.

Not setengah ketuk (Inggris: Eight note ( Amerika ) atau quaver ( Inggris )) adalah not musik yang dimainkan seperdelapan durasi keseluruhan not (semibreve). Panjangnya relatif terhadap nilai ritme lainnya seperti yang diharapkan—misalnya, setengah durasi seperempat not (crotchet), seperempat durasi setengah not (minim), dan dua kali nilai not keenam belas . Ini setara dengan fusa dalam notasi mensural . [1]

Nada kedelapan dinotasikan dengan kepala nada berbentuk oval dan terisi serta batang nada lurus dengan satu bendera nada (lihat Gambar 1). Batangnya berada di sebelah kanan kepala catatan yang memanjang ke atas atau di sebelah kiri memanjang ke bawah, terutama bergantung pada letak kepala catatan relatif terhadap garis tengah paranada. Simbol terkait adalah istirahat kedelapan (atau istirahat quaver), yang menunjukkan keheningan untuk durasi yang sama. [2][3]

Nada kedelapan dapat dibunyikan bersama-sama dalam kelompok (Gambar 2). Dalam 38, 68, 98, dan 128 mereka biasanya dikirim dalam kelompok yang terdiri dari tiga orang. Satu nada kedelapan selalu diawali dengan sebuah bendera, sedangkan dua nada atau lebih biasanya dibunyikan secara berkelompok [4] dalam musik instrumental.

Di Unicode, simbol U+266A (♪) adalah nada kedelapan tunggal dan U+266B (♫) adalah sepasang nada kedelapan. Simbol-simbol ini diwarisi dari kode halaman awal tahun 1980-an 437, yang masing-masing menempati kode 13 dan 14. Penambahan pada standar Unicode menggabungkan penggambaran nada kedelapan dari kumpulan emoji Jepang: nada kedelapan naik (U+1F39C, 🎜), nada kedelapan menurun (U+1F39D, 🎝), not musik generik grafis yang umumnya digambarkan sebagai nada kedelapan (U+ 1F3B5, 🎵), dan tiga nada kedelapan yang tidak terhubung secara berurutan (U+1F3B6, 🎶). Semua ini adalah dingbats grafis. Sebaliknya, blok Simbol Musik Unicode mencakup simbol nada kedelapan yang dirancang untuk digunakan dalam notasi musik terkomputerisasi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Referensi mengalami galat

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama GroveDict2001_Quaver
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama EighthRest2016_OMD
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama QuaverDictionaryWeb
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Gerou1996_211