Not 1 ketuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
A quarter note (crotchet) with stem pointing up, a quarter note with stem pointing down, and a quarter rest
Four quarter notes

Not seperempat (Amerika) atau crotchet ( /ˈkrɒtʃɪt/ krotch-it ) (Inggris) adalah not musik yang dimainkan selama seperempat durasi keseluruhan not (atau semibreve). Not seperempat dinotasikan dengan kepala nota oval yang terisi dan batang lurus tanpa bendera. Batangnya biasanya mengarah ke atas jika berada di bawah garis tengah tongkat, dan ke bawah jika berada di atau di atas garis tengah. Batang ke atas diletakkan di sebelah kanan kepala catatan, batang ke bawah diletakkan di sebelah kiri (lihat gambar). Simbol Unicode adalah U+2669 ( ).

Istirahat seperempat (atau istirahat 1 ketuk ) menunjukkan istirahat dengan durasi yang sama dengan nada seperempat. Biasanya muncul sebagai simbol, atau kadang-kadang, sebagai simbol yang lebih tua. [a] [1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Catatan tersebut berasal dari semiminima ('setengah minim') dari notasi mensural. Kata "crotchet" berasal dari Prancis Kuno crochet, artinya 'kail kecil', kecil dari croc, 'kail', karena hook yang digunakan pada not dalam notasi hitam.

Not seperempat dimainkan sepanjang setengah not setengah dan dua kali panjang not kedelapan. Ini adalah satu ketukan di bar yang terdiri dari 44 . Istilah "not 1 ketuk" adalah calque (terjemahan pinjaman) dari istilah Jerman Viertelnote</link> . Nama-nama catatan ini (dan sisanya) dalam banyak bahasa lain diambil dari sumber yang sama; Bahasa roman biasanya menggunakan istilah yang berasal dari bahasa Latin negra artinya 'hitam':

Nama uang kertas dalam bahasa Catalan, Prancis, Galicia, dan Spanyol (semuanya berarti 'hitam') berasal dari fakta bahwa semiminima adalah nada terpanjang yang diwarnai dengan notasi putih mensural, yang juga berlaku pada bentuk modern.

Nama Bulgaria, Cina, Kroasia, Ceko, Jepang, Korea, Norwegia, Polandia, Rusia, Serbia, dan Slovakia berarti "seperempat" (untuk catatan) dan "jeda seperempat" (untuk sisanya).

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Examples of the older symbol are found in English music up to the late 19th century, e.g. W. A. Mozart Requiem Mass, vocal score ed. W. T. Best, pub. London: Novello & Co. Ltd. 1879.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rudiments and Theory of Music Associated Board of the Royal Schools of Music, London 1958. I,33 and III,25. The former section shows both forms without distinction, the latter the "old" form only. The book was the Official ABRSM theory manual in the UK up until at least 1975. The "old" form was taught as a manuscript variant of the printed form.