Not seperempat ketuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gambar 1. Nada ke-16 dengan batang menghadap ke atas, nada ke-16 dengan batang menghadap ke bawah, dan nada ke-16 berhenti.
Gambar 2. Empat not ke-16 berseri-seri.

Dalam musik, nada seperempat ketuk, 1/16, (Inggris: sixteenth note ( Amerika ) atau semiquaver ( Inggris ))adalah nada yang dimainkan selama setengah durasi nada kedelapan (quaver), sesuai dengan namanya. Ini setara dengan semifusa dalam notasi mensural, pertama kali ditemukan pada notasi abad ke-15. [1]

Nada keenam belas dinotasikan dengan kepala nada berbentuk oval dan terisi serta batang nada lurus dengan dua bendera (lihat Gambar 1). Satu nada keenambelas selalu dibunyikan dengan bendera, sedangkan dua nada atau lebih biasanya dibunyikan secara berkelompok. [2] Simbol yang sesuai adalah istirahat keenam belas (atau istirahat semiquaver ), yang menunjukkan keheningan untuk durasi yang sama. Seperti semua nada dengan batang, nada keenam belas digambar dengan batang di sebelah kanan kepala nada, menghadap ke atas, bila berada di bawah garis tengah paranada musik (atau di garis tengah, dalam musik vokal). Bila berada di garis tengah (dalam musik instrumental) atau di atasnya, digambar dengan batang di sebelah kiri kepala not, menghadap ke bawah. Bendera selalu berada di sisi kanan batang, dan melengkung ke kanan. Pada batang menghadap ke atas, bendera dimulai dari atas dan melengkung ke bawah; untuk batang yang menghadap ke bawah, bendera dimulai dari bagian bawah batang dan melengkung ke atas. Jika beberapa nada keenam belas atau nada kedelapan (atau nada tiga puluh dua, dll.) bersebelahan, bendera dapat dihubungkan dengan sebuah balok, seperti nada pada Gambar 2. Perhatikan persamaan notasi nada keenam belas dan nada kedelapan . Aturan serupa berlaku untuk pembagian yang lebih kecil seperti nada tiga puluh detik (demisemiquavers) dan nada enam puluh empat (hemidemisemiquavers).

Di Unicode, U+266C (♬) adalah sepasang semiquaver berseri-seri.

Nota tersebut berasal dari semifusa dalam notasi mensural . Namun, semifusa juga mengacu pada nota keenam puluh empat modern dalam bahasa Spanyol, Katalan, dan Portugis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama GroveDict2001_Semiquaver
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Gerou1996_211