Not seperdelapan ketuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Empat not seperdelapan ketuk bersamaan.

Dalam musik, not seperdelapan ketuk (Inggris: nada ketiga puluh dua (Amerika) atau demisemiquaver (Inggris)) adalah nada yang dimainkan untuk⅟32 dari durasi keseluruhan not (atau semibreve ). Durasinya setengah dari nada seperempat ketuk (atau semiquaver ) dan dua kali lebih lama dari nada seperenambelas empat (atau hemidemisemiquaver ).

Nada tiga puluh detik dinotasikan dengan kepala nada berbentuk oval dan terisi serta batang nada lurus dengan tiga bendera atau balok .[1] Satu not seperdelapan ketuk selalu dibubuhi bendera, sedangkan dua atau lebih nada biasanya dibunyikan secara berkelompok.[2] Seperti semua nada dengan batang, nada seperdelapan ketuk digambar dengan batang di sebelah kanan kepala nada, memanjang ke atas, ketika berada di bawah garis tengah paranada musik . Jika berada di atau di atas garis tengah, mereka digambar dengan batang di sebelah kiri kepala not, memanjang ke bawah. Bendera selalu berada di sisi kanan batang, dan melengkung ke kanan. Pada batang yang menjulur ke atas, bendera dimulai dari atas dan melengkung ke bawah; untuk batang yang memanjang ke bawah, bendera dimulai dari bagian bawah batang dan melengkung ke atas. Jika beberapa not tiga puluh detik atau not kedelapan (atau not seperempat ketuk, dsb.) bersebelahan, bendera dapat dihubungkan dengan sebuah balok . Aturan serupa berlaku untuk divisi yang lebih kecil seperti not seperenambelas ketuk

Simbol terkait adalah istirahat seperdelapan ketuk atau istirahat demisemiquaver (ditampilkan di sebelah kanan), yang menunjukkan keheningan dengan durasi yang sama dengan nada tiga puluh detik.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Daftar simbol musik

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1]
  2. ^ Gerou, Tom (1996). Essential Dictionary of Music Notation, p.211. Alfred. ISBN 0-88284-730-9