Noctuoidea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Noctuoidea Edit the value on Wikidata
Noctua.pronuba.7199.jpg
Noctua pronuba
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumArthropoda
KelasInsecta
OrdoLepidoptera
SuperfamiliNoctuoidea Edit the value on Wikidata
Latreille, 1809
Diversitas
lebih dari 70.000 spesies
Families
(Lihat teks)

Noctuoidea adalah superfamili dari noctuid (Latin "burung hantu malam") atau ulat "burung hantu", dengan lebih dari 70.000 spesies, menjadikannya jumlah terbesar superfamili Lepidoptera dibandingkan dengan jenis manapun, akan tetapi klasifikasinya belum mencapai kondisi memuaskan atau stabil. Sejak akhir abad ke-20, peningkatan ketersediaan data filogenetik molekuler untuk radiasi yang sangat sukses ini telah menyebabkan beberapa proposal yang saling bersaing untuk mengklasifikasikan taksonomi yang dengan tepat mewakili hubungan antara garis keturunan utama.

Secara singkat, perselisihan berpusat pada fakta bahwa dalam klasifikasi lama (yang juga tidak dapat mencapai konsensus umum), perbedaan beberapa kelompok seperti Arctiidae atau Lymantriidae, dinilai terlalu jauh karena penampilan mereka yang khas, sementara beberapa garis keturunan yang kurang dipelajari secara konvensional dianggap sebagai Noctuidae sebenarnya sangat berbeda, sehingga perlu diklasifikasi ulang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Fibiger, M., 2007. Revision of the Micronoctuidae (Lepidoptera: Noctuoidea). Part 1, Taxonomy of the Pollexinae. Zootaxa 1567: 1–116. (abstract)
  • Fibiger, M., 2008. Revision of the Micronoctuidae (Lepidoptera: Noctuoidea). Part 2, Taxonomy of the Belluliinae, Magninae, and Parachrostiinae. Zootaxa 1867: 1–136. (abstract)
  • Hacker, H.H. & Zilli, A., 2007. Esperiana Buchreihe zur Entomologie Memoir 3 Diarsipkan 2011-07-23 di Wayback Machine.: 179-246.