Niños Héroes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Desain dasar dari bagian depan medali yang diberikan kepada para pejuang meksiko yang berpartisipasi pada 12 dan 13 September 1847 di Pertempuran Chapultepec selama Perang Meksiko-Amerika, dan itu dapat dilihat dalam potret resmi Anak Pahlawan.

Itu disebut anak-Anak Pahlawan untuk 6 taruna meksiko[1][2][3] yang tewas dalam Pertempuran di kota Meksiko pada 13 September 1847 selama U. s. Intervensi di Meksiko. Sejarah resmi nanti, untuk pertama kalinya dalam tahun 1852[4] dan terutama di Porfiriato, dan pada tahun 1947 cacat dalam berbagai tahap untuk nasionalis fakta untuk spotlight,[5] yang didirikan dalam bentuk mitos heroik.[6] Dari paruh kedua abad KESEMBILAN belas ditempatkan di bawah ini nama menjadi taruna Militer Meksiko, Agustin Melgar, Fernando Montes de Oca, Francisco Márquez, Juan de la Barrera, Juan Escutia, dan Vicente Suarez.

Plot utama dari mitos heroik historis dibuat, bertumpu pada enam taruna dan lainnya 40 —ya mereka— mereka telah menerima perintah dari Nicolas Bravo meninggalkan Chapultepec Kastil, kemudian markas Militer Perguruan tinggi, dan sekitarnya. Namun, mereka memutuskan untuk tetap membela the plaza sebelum maju dari Tentara amerika Serikat.

Berbagai bagian dari cerita ini telah ditempatkan di sosial imajiner sebagai fakta otentik tanpa memiliki rezeki yang bersejarah, di antaranya mencakup partisipasi dari enam taruna dalam fakta senjata, yang hanya memiliki kepastian penuh dalam kasus Melgar, Montes de Oca dan Suarez.[7] Juga dalam cerita yang sama heroik, dengan berlalunya tahun-tahun dan berpuluh-puluh tahun setelah, termasuk rincian fiktif, seperti yang para taruna yang terakhir untuk mati dalam pertempuran, yang dihadapkan dengan kurangnya amunisi, dibunuh dengan bayonet kain untuk tentara amerika, dan mungkin yang paling populer di Meksiko, Melgar, maka Montes de Oca dan akhirnya Juan Escutia untuk melihat kehilangan segalanya, dia melemparkan dirinya ke kosong dibungkus dalam bendera meksiko untuk mencegah orang-orang amerika dari merebut nya dan meninggal di tebing lereng bukit Chapultepec.

Penelitian dari tahun 1947 yang dibuat oleh Tentara Meksiko, yang tidak memiliki dokumen pendukung untuk umum dan ilmiah protokol, mengidentifikasi enam tengkorak yang disebut Ahuehuetes dari Miramón sebagai orang-orang dari taruna, yang ditempatkan di tengah-tengah upacara resmi di Mezbah dari Tanah), sebuah monumen dalam rok benteng, selanjutnya kepada kolonel Felipe Santiago Xicotencatl. Tidak ada kepastian ilmiah yang ini tetap milik, dalam, efek, kepada taruna.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Kemudian jika diminta masuk ke Federasi Amerika dari negara bagian Texas untuk pendatang dan imigran ilegal anglo-saxon telah dipisahkan dari Sentralis Republik Meksiko pada tahun 1837, dengan dalih meminta pemisahan dari negara bagian Coahuila dan konstitusi sebagai sebuah negara federal dan oleh karena itu kembali dari Meksiko Federal Konstitusi 1824, dan bahwa untuk saat ini dia telah diproklamasikan sebagai Republik Texas. Pemerintah meksiko memutuskan hubungan dengan EE. UU. ketika anda menyatakan penghasilan anda ke Federasi Amerika.

Hal ini kemudian bahwa pemerintah EE. UU. mengirimkan pasukan ke wilayah utara dari rio Grande untuk mengamankan jalur dari wilayah yang masih dalam sengketa antara negara bagian Texas dan pemerintah meksiko, sejak terakhir hanya diakui sebagai perbatasan di Nueces sungai, yang terletak lebih ke utara. Pasukan ini menciptakan serangkaian benteng di daerah, maka di daerah ini di mana ada beberapa pertemuan dengan patroli dari Tentara Utara dari Tentara Nasional Meksiko.

Hal ini juga sebagai u.s. pemerintah memperbaharui permintaan pemerintah meksiko untuk menyetujui penjualan dari wilayah utara Meksiko, tapi untuk menerima negatif ini, dimulai serangkaian persiapan oleh pemerintah dan swasta sebagai keputusan dari San Francisco pada tahun 1845, dan imigrasi ilegal dari anggota Gereja Mormon ke Salt Lake milik meksiko wilayah New Mexico pada tahun 1846 dan kemudian menjadi wilayah Utah.

Tugu peringatan dari taruna dan staf Perguruan tinggi Militer yang berpartisipasi dalam Pertempuran Chapultepec.

Menyatakan perang pada bagian dari EE. UU. juli 25, 1846, setelah Situs Benteng Texas utara Rio Grande, dan oleh Meksiko pada 23 mei 1846. Mulai serangkaian ekspedisi pada bagian dari tentara reguler dari EE. UU. di wilayah utara untuk mendukung pemberontakan yang imigran ilegal anglo-saxon yang dilakukan di meksiko orang-orang dari California dan New Mexico menyatakan wilayah republik independen, tetapi mereka segera aneksasi ke amerika SERIKAT. UU., ekspedisi ini dengan jumlah rendah dan kurangnya persiapan dari tentara meksiko berhasil, tetapi dalam rangka untuk mengamankan kepemilikan wilayah ini harus mulai dengan ekspedisi terhadap kota-kota Monterrey dan Mexico city, dalam rangka untuk mencegah pengiriman pasukan reguler di utara, itu adalah saat ini bahwa tentara dari EE. UU. di bawah komando Winfield Scott mengambil pelabuhan Veracruz dan berikut yang llamarón Jalan Pintas, serta Tentara Nasional membentengi Batu Mandi, yang sampai saat ini alami masuk ke timur dari kota antara danau Texcoco dan Xochimilco, tapi Tentara Amerika mengambil jalan yang panjang selatan, Sierra de Santa Catarina, hal ini dalam hal ini yang memberikan Pertempuran Churubusco dan Pertempuran Padierna.

Pertempuran Chapultepec[sunting | sunting sumber]

Mengingat bahwa pada waktu itu kota Meksiko itu diperkuat oleh serangkaian saluran dan pintu gerbang yang berfungsi sebagai bea cukai dari kota, masuk ke yang lebih cocok adalah dengan Chapultepec sebagai tanah itu untuk waktu yang kering, sebaliknya dari utara, timur dan selatan, di mana ada danau dan rawa-rawa, yang memerintahkan dia untuk membentengi bukit Chapultepec, yang untuk saat itu menjabat sebagai menyimpan mesiu dan Perguruan tinggi Militer, pabrik mesiu dari Santa Fe, dikirim untuk mengusir dalam rangka untuk menghindari serangan yang sama tapi kemudian dihancurkan oleh pasukan as.

Sebagai fasilitas Sekolah yang akan dijadikan markas umum,kolonel Nicolas Bravo diperintahkan untuk mengusir para taruna di berbagai kelompok usia antara 13 dan 19 tahun. Banyak dipatuhi, yang lain dibawa oleh keluarga mereka dan hanya 46 taruna diminta untuk tetap mempertahankan sekolah kampus. kelompok ini bergabung dengan beberapa taruna yang baru lulus, yang masih tidak menerima alokasi dalam Tentara Nasional, selain itu untuk 19 anggota dari administrasi kampus dari direktur, instruktur, guru, dan despensero kampus militer.

Pada bulan September, tahun 1847, beberapa kelompok Pasukan dari Utara, yang telah pensiun di bawah perintah dari Antonio López de Santa Anna berlaku di wilayah sekitar hutan dan cerro de Chapultepec, tentara amerika itu mengambil ke istana Mantan Archbishop's palace di Tacubaya sebagai basis operasi dan dilakukan merupakan bagian dari proses bela diri terhadap anggota Batalion San Patricio; maju dan mengambil casemate yang terletak di sebelah barat dari hutan hari 11, pada tanggal 12 dibombardir Kastil Chapultepec dan posisi lain di Hutan dan pada tanggal 13, mereka memberikan serangan pada kami infanteri dari benteng selatan dan barat bukit, yang berlangsung di sore hari, maju ke Garita de Belen, di mana mereka ditahan oleh tentara meksiko yang telah mundur ke Benteng untuk mempersiapkan pertahanan kota, tapi di malam hari mereka menerima perintah untuk meninggalkan kota oleh Antonio Lopez de Santa Anna yang tidak berpartisipasi dalam pertempuran.

U.s. tentara akhirnya mengambil alih Benteng Chapultepec, menurunkan bendera meksiko ke sekolah.

Yang sampai hari 15 ketika, seperti yang diambil dengan cara damai dalam kota Meksiko, u.s. tentara mencari yang terluka tergeletak di medan pertempuran, mengumpulkan mayat-mayat mereka yang mati, dan memungkinkan yang sama untuk warga sipil dan tawanan perang, orang-orang meksiko yang menggunakan parit sebagai kuburan, umum karena banyak dari para pejuang yang jauh dari tempat asal mereka dalam kasus EE. UU., mengubur mereka yang mati di sebidang tanah yang terletak di sudut Sirkuit Internal dan Causeway dari Tacuba, yang dinyatakan sebagai taman memorial oleh pemerintah amerika dan hari ini adalah bagian dari kedutaan besar EE. UU. jadi secara hukum dianggap tanah amerika. Orang meksiko, untuk bagian mereka terkubur di beberapa tempat untuk mati.[8]

Daftar taruna, petugas dan tahanan terluka[sunting | sunting sumber]

Bagian resmi[butuh rujukan] dan obelisk memorial terletak di kaki bukit Chapultepec register nama berikut.[9]

Tahanan 1.Th Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Kapten Domingo Alvarado; Letnan Yusuf Espinosa, Agustin de la Peza; Cabo Jose T. de Cuellar; Drum Simon Alvarez; Taruna Francisco Molina, Mariano Covarrubias, Bartolomeus Diaz Leon, Ignacio Molina, Antonio Sierra, Justin Garcia, Lorenzo Perez Castro, Agustin Camarena, Ignacio Ortiz, Manuel Ramirez Arellano, Carlos Bejarano, Isidro Hernandez, Esteban Zamora, Santiago Hernandez, Ignacio Burgoa Danau[10] dan Ramón Rodríguez Arangoity.

Tahanan 2.Th Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Letnan Joaquin Argaez; Sersan 2 Teófilo Noris; Cornet, Antonio Rodriguez; Taruna siswa Joaquín Moreno, Paul Banuet, Ignacio Valley, Francis Leso, dan Antonio Sola, Sebastian Trejo, Luis Delgado, Ruperto Pérez de León, Cástulo Garcia, Feliciano Contreras, Francisco Morelos, Miguel Miramón, Gabino Montesdedca, Luciano Becerra, Adolfo Unda, Manuel Diaz, Francisco Morel, Vicente Herrera, Onofre Capelo, Magdaleno Yta dan Emilio Laurent.

Tahanan senior[sunting | sunting sumber]

Umum Kor. Dir. Perguruan tinggi Mariano Monterde; Kapten Prof. Francisco Jimenez; Letnan Manuel aleman, Agustin Diaz, Luis Diaz, Fernando Poucel; kedua letnan Ygnacio Peza, Amado Camacho, Luis G. Banuet, Miguel Pouncel; Despensero Eusebio Llantadas.

Terluka[sunting | sunting sumber]

Taruna mahasiswa[sunting | sunting sumber]

  • Andres Mellado
  • Hilario Péres de Leon
  • Agustinus Romero.

Selain itu, selama hari-hari sebelumnya dalam pertempuran Molino del Rey, dan Kadet mahasiswa Alejandro Algándar.

Daftar taruna mati[sunting | sunting sumber]

DaftarTemplat:Cuál hal ini terintegrasi dengan Agustin Melgar, Fernando Montes de Oca, Francisco Márquez, Juan Escutia, dan Vicente Suarez. Meskipun hanya ada 5 taruna tewas, selain orang lain terluka, dan tahanan, yang diakui 6 sebagai letnan Juan de la Barrera pada saat pertempuran itu baru lulus dan tidak diberikan posisi dalam Tentara Nasional.[butuh rujukan]

Pembentukan mitos[sunting | sunting sumber]

Berikut dua dekade akan sedikit spesifik dengan kinerja taruna. Pada tahun 1847 bagian dari perang menyebutkan keberanian Melgar, Montes de Oca dan Suarez. Pada tahun 1848 pekerjaan Catatan untuk perang antara Meksiko dan amerika Serikat dari Ramon Alcaráz menyebutkan bahwa "beberapa siswa" dari Perguruan tinggi Militer membela bendera meksiko. Pada tahun 1852, maka direktur Perguruan tinggi Militer Mariano Monterde dia akan ingat untuk pertama kalinya kepada taruna yang meninggal dalam pertempuran sebagai "anak-anak".

Pada tahun 1878 kelompok taruna selamat tahun 1847 mereka membentuk Asosiasi Perguruan tinggi Militer yang telah didirikan pada tahun 1871, yang dipromosikan kepada pemerintah umum Porfirio Diaz dan Manuel Gonzalez memegang sebuah upacara untuk mengingat taruna mati, erisos dan tahanan dalam pertempuran Chapultepec, apa yang mereka capai pada tahun 1880 1881, selain dibangun sebuah tugu berbentuk obelisk pada tahun 1884 berdasarkan arah Lengkungan. Ramón Rodríguez Arangoity yang pada gilirannya mantan mahasiswa pada tahun 1847, monumen ini terletak di sebelah barat bukit di sebelah selatan gerbang utama kampus dan pada salah satu parit yang telah menjabat sebagai pembuangan bagi tentara meksiko.[11]

Para Anak-Anak Pahlawan[sunting | sunting sumber]

Berasal dari cerita-cerita ini, mereka mulai pengakuan dari karakter berikut:

Kadet Francisco Marquez Paniagua.
  • Fernando Montes de Oca (Usia saat kematian 18 tahun 4 bulan).

Dia meninggal di bingkai pintu, yang ia membela, di mana ia jatuh ketika u.s. prajurit berhasil masuk melalui jendela dan membunuh dia di belakang.[12][13]

  • Kadet Francisco Marquez (Usia saat kematian 12 tahun 11 bulan).

Dia meninggal di kastil ketika sekelompok tentara mendekatinya conminándolo untuk menyerah tapi dia dipecat pada satu, siapa yang membunuh dan kemudian dibunuh oleh tembakan dari orang lain.

  • Letnan Korps Insinyur Juan de la Barrera (Usia saat kematian 19 tahun dan 3 bulan).

Dia meninggal dalam pertahanan hornabeque terletak di sebelah selatan bukit, di mana mereka kemudian menemukan enam mayat yang diidentifikasi sebagai anak-Anak Pahlawan.

  • Juan Escutia (Usia saat kematian 20 dan setengah tahun).

Menurut sejarawan Jose Manuel Villalpando tidak kadet, seperti yang telah ditunjukkan dalam sebuah studi baru-baru ini, tetapi mungkin seorang prajurit dari batalyon San Blas. Nama lengkapnya adalah Yohanes Pembaptis Pascacio Escutia Martinez.[14]

Dia meninggal di lereng barat bukit, terletak sebagai penembak di atas tebing, di mana ia terluka oleh peluru dan jatuh, jatuh di atas batu, yang ditempatkan sebuah plakat peringatan pada tahun 1970.

  • Yang cadete Vicente Suarez (Usia saat kematian 14 tahun 5 bulan).

Dia meninggal di pos penjaga di tangga kehormatan pertempuran di bayonet melawan amerika.

  • Kadet menambahkan Agustin Melgar (Usia saat kematian hampir 18).

Dia meninggal pada hari berikutnya. Ini telah parapetado balik beberapa kasur di asrama sekolah di mana anda selesai parkir, ia bayonet pada senapan dan mulai berjuang tubuh untuk tubuh, di mana terluka beberapa tembakan dan bayonet.

Legenda Pahlawan Anak-anak[sunting | sunting sumber]

Mitos yang paling luas adalah menganggap mereka anak-anak, karena sebagian besar adalah dalam apa yang dalam istilah modern kita mempertimbangkan masa remaja dan awal masa dewasa, dengan tambahan bahwa untuk saat ini hal itu tidak biasa bagi 15 anak laki-laki untuk menikah dan membentuk keluarga mereka sendiri.

Monumen untuk anak-Anak Pahlawan di Jalisco.

Yang kedua adalah mitos tentang bunuh diri dari kadet Juan de la Barrera, atau Juan Escutia, tergantung pada sumber anda berkonsultasi. Yang paling populer adalah yang kedua, di mana Juan Escutia, dibungkus dalam bendera nasional yang melambai tinggi di Perguruan tinggi Militer, dilepaskan dan melakukan bunuh diri untuk mencegah bendera Meksiko jatuh ke tangan amerika; pada kenyataannya ini adalah sebuah bendera yang diambil oleh amerika dan sebuah trofi perang di Akademi Militer West Point, untuk kemudian akan kembali ke meksiko pada tahun 1952 (kesempatan peresmian dari Altar ke Tanah air) bersama dengan bendera meksiko yang diambil selama perang tahun 1847, tetapi, yang terutama diambil hari itu.[15]

Meskipun dalam Pertempuran Molino del Rey, September 8, kapten senjata artileri Margarito Zuazo dilakukan terluka oleh u.s. tentara yang stabil di mana ia menemukan di bawah beberapa ransel tersembunyi nya bendera resimen, yang menginginkan untuk tidak jatuh ke tangan amerika, karung nya tiang dan dibungkus di bawah mantelnya dan mana yang tetap sampai dievakuasi di rumah cara untuk menyembuhkan dia dari luka-luka-nya, di jalan ia bertemu dengan seorang atasan yang memberikan bendera, yang sama, yang berada di rumah Kepala Divisi, Luis Salcedo. Kapten meninggal enam hari untuk luka-luka mereka.[16]

Rupanya kisah bunuh diri lahir pada upacara peringatan 1878 ketika Manuel Raz Guzmán dalam sebuah puisi epik, dalam rangka memperingati Pertempuran Molino del Rey, yang diriwayatkan dalam bentuk puisi sebagai Agustin Melgar (dan tidak Juan Escutia, atau John Penghalang).

…pero tú, Melgar … rodeado de enemigos les disparas tu arma, y no teniendo esperanza, antes que rendirte te envuelves en el pabellón nacional y presentas tu pecho juvenil a las balas del invasor …

Tidak pernah disebutkan bahwa itu terlempar dan, kecuali dia telah membuat dibungkus dalam bendera, itu adalah cara untuk mengatakan bahwa saya bernaung dan berlindung bangsa, jalan syukur diterima oleh masyarakat dan itu dikembangkan sampai menjadi hampir seperti realitas fakta, terutama oleh karya Jose Peón dan Contreras.

Memorialization[sunting | sunting sumber]

Mezbah dari Tanah[sunting | sunting sumber]

Piring dan di tempat di mana ditemukan sisa-sisa enam pejuang di Chapultepec pada tahun 1947.
Mezbah dari Tanah bingung sebagai monumen untuk para niños Heroes di Chapultepec park.

Pada tahun 1947 di lereng sisi selatan bukit Chapultepec memiliki sebuah kuburan massal di mana mereka menemukan enam mayat yang secara resmi diidentifikasi sebagai orang-orang milik enam taruna tewas pada tahun 1847, mayat-mayat itu digali dan ditempatkan di guci, pada 13 September pada tahun yang sama ditempatkan sebuah plakat di situs ini.[15]

Kemudian 27 September dari tahun 1952, setelah beberapa upacara publik, seperti penjaga kehormatan di Plaza Konstitusi pada bagian dari lima taruna dan perwira dari beberapa akademi militer dari Amerika,ini diresmikan monumen yang direncanakan oleh Arch. Enrique Aragon Echegaray, ini berbentuk bulan sabit dengan enam kolom, dan didirikan dalam apa yang akan menjadi penghentian tua Naik Kaisar (Hari ini Paseo de la Reforma), anda ditempatkan di enam kolom, guci dengan sisa-sisa seorang individu di sebuah ceruk yang dibangun ke dalam efek di masing-masing kolom, di samping pusat dan di bawah patung utama adalah sisa-sisa Cnel. Felipe Santiago Xicotencatl.[17][18]

Monumen ini didedikasikan untuk para pejuang melawan invasi amerika tahun 1846 hingga tahun 1848 dengan kalimat:

A los Defensores de la Patria 1846-1847

Dengan nama resmi "Altar untuk Tanah air" yang terbaik adalah dikenal dengan nama populer "Monumen untuk anak-Anak Pahlawan" dan hal ini sangat umum untuk menemukan dalam teks-teks resmi dari kesalahan ini. Di sisi lain, ada sebuah kontroversi besar atas keaslian tetap, karena ternyata tidak dilakukan identifikasi berdasarkan ilmu forensik atau antropologi.[13]

Uang kertas 5000 peso[sunting | sunting sumber]

  • Anak-Anak Pahlawan muncul di uang kertas 5000 (lama) peso dikeluarkan dalam berbagai tahun antara tahun 1981 dan 1989.[19][20]

Koin 50 peso[sunting | sunting sumber]

  • Pada tahun 1994 dan 1995 ini diciptakan untuk koin baru 50 peso meksiko dengan pusat perak, karena mereka konten perak, memiliki nilai yang lebih tinggi untuk anda asli nominasi. Koin baru 50 peso saya di depan anak-Anak Pahlawan: Juan Escutia, Agustin Melgar, Juan de la Barrera, Vicente Suarez, Francisco Márquez dan Fernando Montes de Oca.[21]
  • Di Kota Meksiko, ada sebuah stasiun Metro yang disebut "anak-Anak Pahlawan" nama untuk mereka.
  • Jalan-jalan colonia Condesa, dekat Chapultepec Castle memiliki nama masing-masing kadet, Banyak sekolah-sekolah, jalan-jalan, serta monumen di Meksiko telah diberi nama oleh mereka.

Kunjungan dan ketidaksenangan pada tahun 1947[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1947 kota Meksiko menerima kunjungan resmi pertama dari presiden amerika Serikat Harry S. Truman, yang diberikan kehormatan untuk jatuh dalam pertempuran Chapultepec jadi meletakkan karangan bunga di kaki tugu, hal ini membuat marah beberapa anggota tentara dan banyak warga sipil, sehingga pada malam hari beberapa taruna dari Sekolah Militer, berkuda tiba dan berpacu menarik persembahan, membuangnya ke tempat pembuangan sampah di dekat anda.[22]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Kastil Chapultepec.
  • Pertempuran Chapultepec.
  • Miguel Miramón.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Aboites, Pablo Escalante,Bernardo Garcia, Luis Jauregui, Josefina Zoraida, Elisa Speckman, Javier Garciadiego, Luis (Galat Lua: bad argument #2 to 'formatDate': invalid timestamp 'Januari'.). Nueva historia mínima de México (dalam bahasa Spanyol). El Colegio de Mexico AC. Diakses tanggal Galat Lua: bad argument #2 to 'formatDate': invalid timestamp 'Januari'.. 
  2. ^ "Salinan arsip". Archived from the original on 2010-02-06. Diakses tanggal 2017-09-15. 
  3. ^ "Salinan arsip". Archived from the original on 2010-09-15. Diakses tanggal 2017-09-15. 
  4. ^ Púnzo Gómez, María de los Ángeles. El imaginario social del héroe: del hombre social ordinario, al venerado y extraordinario en la historia oficial de México: el caso de los Niños Héroes. Tesis de licenciatura, UNAM, 2011.
  5. ^ http://bicentenario.com.mx/?p=16872.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  6. ^ "Salinan arsip". Archived from the original on 2011-01-02. Diakses tanggal 2017-09-15. 
  7. ^ Muñoz, María Elena García (Galat Lua: bad argument #2 to 'formatDate': invalid timestamp 'Januari'.). Los niños héroes: de la realidad al mito (dalam bahasa Spanyol). Universidad Nacional Autónoma de México, Facultad de Filosofía y Letras, Colegio de Historia. Diakses tanggal Galat Lua: bad argument #2 to 'formatDate': invalid timestamp 'Januari'.. 
  8. ^ . S/N.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)Missing or empty |title= (bantuan)
  9. ^ . ISBN 9780890967447.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)Missing or empty |title= (bantuan)
  10. ^ http://www.burgoa.com.mx/linaje.htm.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)Missing or empty |title= (bantuan)
  11. ^ Rodríguez Moya, Inmaculada. El retrato en México, 1781-1867: héroes, ciudadanos y emperadores para una nueva nación. Sevilla,España, Universidad de Sevilla, 2006.
  12. ^ . 968-33-0144-4.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)Missing or empty |title= (bantuan)
  13. ^ a b "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-01-02. Diakses tanggal 2017-09-15. Missing or empty |title= (bantuan)
  14. ^ http://www.13septiembre.bicentenario.gob.mx/index.php?option=com_content&view=article&id=49&Itemid=48.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)[pranala nonaktif permanen]Missing or empty |title= (bantuan)
  15. ^ a b . 968-28-4531-0.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)Missing or empty |title= (bantuan)
  16. ^ . 968-23-1842-4.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)Missing or empty |title= (bantuan)
  17. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-08-24. Diakses tanggal 2017-09-15. Missing or empty |title= (bantuan)
  18. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-09-05. Diakses tanggal 2017-09-15. Missing or empty |title= (bantuan)
  19. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-05-25. Diakses tanggal 2017-09-15. Missing or empty |title= (bantuan)
  20. ^ http://books.google.com.mx/books?id=zbFIAAAAYAAJ.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)Missing or empty |title= (bantuan)
  21. ^ Valor actual de monedas que ya no se fabrican por el %5b%5bBanco de México%5d%5d. http://www.banxico.org.mx/billetesymonedas/didactico/monedas_FabCaractHis/moncanj/equivalencia_monedas.html Valor actual de monedas que ya no se fabrican por el [[Banco de México]]. Periksa nilai |url= (bantuan).  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan); Konflik URL–wikilink (bantuan)Missing or empty |title= (bantuan); Wikilink embedded in URL title (bantuan)
  22. ^ Rosas, Alejandro. "Los Niños Héroes, una historia mal contada" en revista Relatos e historias en México, México, Editorial Raíces, septiembre 2009.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]