Niall Horan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Niall Horan
NH Boston.jpg
Niall Horan
Latar belakang
Nama lahir Niall James Horan
Lahir 13 September 1993 (umur 21)
Asal Bendera Republik Irlandia Mullingar, County Westmeath, Irlandia
Genre Pop / Rock / Hip Hop
Instrumen Guitar
Tahun aktif 2010 - sekarang
Anggota One Direction

Niall James Horan (lahir 13 September 1993; umur 21 tahun) berasal dari Mullingar, County Westmeath, Irlandia adalah penyanyi asal Irlandia dan anggota boy band One Direction.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ibunya bernama Maura Gallagher dan ayahnya Bobby Horan.[1] Dia memiliki seorang kakak bernama Greg.[2] Orang tua nya bercerai saat ia berusia lima tahun. Setelah itu, Niall dan kakaknya hidup berpindah-pindah antara rumah ibu dan rumah ayahnya. Ibunya menikah lagi dengan seorang pria bernama Chris dan pindah ke Edgeworthstown, County Longford.[1] Dia bersekolah di Coláiste Mhuire, sebuah sekolah kristen di Irlandia.[3][4]. Di sekolah, Niall bergabung dengan tim paduan suara sekolah yang tampil setiap hari Natal.[5][6] Sebelum mengikuti The X Factor, dia sudah tampil di beberapa tempat di Irlandia. Niall sudah mahir bermain gitar sejak kecil. Dalam sebuah wawancara, dia menyebut gitarnya adalah "hadiah terbaik yang pernah aku terima sebagai hadiah natal".[7]

Saat audisi The X Factor, Niall berkata: "Umurku 16 tahun dan aku ingin memiliki nama besar seperti Beyonce dan Justin Bieber. Aku pernah dibanding-bandingkan dengan dia (Justin) dan sepertinya aku tidak terlalu buruk. Aku adalah anak yang akan menyambar alat musik apapun yang ada didekatku. Dan aku mencintai musik. Aku ingin sukses, membuat album dan bekerjasama dengan musisi-musisi terkenal dunia."[8] Niall mengungkapkan kalau dia merupakan penggemar Frank Sinatra, Dean Martin dan Michael Bublé. Dia suka mendengarkan musik rock, khususnya The Eagles, Bon Jovi dan The Script.[9][10] Selain itu, ia juga mengidolakan penyanyi Inggris, Ed Sheeran. Saat Sheeran berkolaborasi dengan One Direction dalam lagu "Moment" di album pertama mereka, Niall mengatakan: "suatu kehormatan bisa bekerjasama dengannya (Sheeran)".[11]

Kehidupan asmara[sunting | sunting sumber]

Bulan Juni 2012, gara-gara saling mengirimkan tweet mesra di Twitter, Niall digosipkan menjalin hubungan khusus dengan Demi Lovato. Niall mengakui bahwa memang ada kedekatan khusus antara dirinya dan Demi. Namun dia tak menyebut hubungan mereka pacaran. Dalam salah satu wawancaranya dengan Dailymail, Niall mengatakan: "Aku tidak tahu apa yang akan terjadi. Kami saling bicara. Dia gadis yang hebat jadi aku nyaman bicara dengannya. Aku tak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya."[12] Sebelumnya, Demi sendiri sempat mengakui bahwa dia adalah penggemar berat Niall. Tak hanya Demi, Niall pun sebelumnya sempat menyebut Demi wanita cantik dan beberapa kali mereka berdua pernah dipergoki sedang jalan berdua.[13]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

  • Up All Night : The Live Tour (2012)
  • This is Us (2013)
  • Where We Are Concert Film (2014)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Mums of One Direction stars reveal how the boys have grown into music sensations – The Daily Record". Dailyrecord.co.uk. Diakses tanggal 2012-06-11. 
  2. ^ "X Factor 2010: Niall Horan's brother says One Direction get along well". Unreality TV. 6 November 2010. Diakses tanggal 2012-03-17. 
  3. ^ "Mullingar teen has got the X Factor". Westmeath Examiner. 7 July 2010. 
  4. ^ Liz Thomas. "Beatlemania takes a whole new Direction! Thousands gather in Montreal to catch a glimpse of the band". Daily Mail (London). Diakses tanggal 2012-03-31. 
  5. ^ "One Direction – Biography, Overview, Artist feature, Music, Photo Gallery, News". Thehothits.com. Diakses tanggal 27 April 2012. 
  6. ^ South Wales Echo (2012-01-13). "One Direction prepare for Cardiff sell-out shows - Showbiz - Lifestyle". WalesOnline. Diakses tanggal 2012-06-11. 
  7. ^ "One Direction, Jessie J and Wretch 32 Unveil Their Best Christmas Presents Ever". Capital FM. 21 December 2011. Diakses tanggal 2012-03-17. 
  8. ^ "'X Factor' Niall wants to be new Bieber". Digital Spy. 31 August 2010. Diakses tanggal 27 April 2012. 
  9. ^ "VIDEO: One Direction's Niall Horan talks Music and food in VEVO LIFT interview". Sugarscape. Diakses tanggal 27 April 2012. 
  10. ^ "Niall Interview (VEVO LIFT): Brought to you by McDonald's". YouTube. 9 October 2010. Diakses tanggal 27 April 2012. 
  11. ^ "One Direction unveil new album cover". Officialcharts.com. 17 October 2011. Diakses tanggal 2012-03-21. 
  12. ^ Niall Horan: Aku dan Demi Lovato Memang...
  13. ^ Demi Lovato and Niall Horan Admit Love For One Another

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Niall Horan