Ngrencak, Panggul, Trenggalek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ngrencak
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenTrenggalek
KecamatanPanggul
Kodepos
66364
Kode Kemendagri35.03.01.2013 Edit the value on Wikidata

Ngrencak adalah salah satu desa di kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ngrencak, terletak 3 km sebelah timur dari pusat pemerintahan kecamatan Panggul, 51 km barat daya dari pusat pemerintahan kabupaten Trenggalek.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

  • Sebelah barat berbatasan dengan Desa Panggul
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Nglebeng
  • Sebelah timur berbatasan dengan Desa Cakul, Kecamatan Dongko
  • Sebelah utara berbatasan dengan Desa Barang

Pembagian wilayah[sunting | sunting sumber]

Desa Ngrencak terbagi atas 5 dusun, yaitu:

  1. Dusun Wonogondo
  2. Dusun Ngrencak Krajan
  3. Dusun Kasian Barat
  4. Dusun Kasian timur
  5. Dusun Ngepoh-Pucung

Kondisi geografis Ngrencak sebagian besar pegunungan, dengan sebagian kecil merupakan dataran yang berasal dari endapan tanah aluvial dari aliran Sungai Panggul.

Perekonomian[sunting | sunting sumber]

Ngrencak masih ditopang oleh kegiatan pertanian masyarakatnya yang sebagian besar menghasilkan ketela, jagung, kedelai, cengkih, dan mengandalkan hasil hutan. Sebagian lagi adalah para pedagang kecil dari usaha tanah liat, anyaman bambu, para peternak sapi, kambing dan domba.

Daerah Ngepoh Pucung bisa dikatakan kawasan paling timur yang cukup tertinggal. Daerah ini awalnya ketika musim kemarau sering dilanda kekeringan parah. Seiring dengan peningkatan pelayanan pemerintahan, Desa Ngepoh Pucung telah mendapatkan suplai air dengan adanya saluran pipa air yang berasal dari desa Watuagung kecamatan Dongko.

Agama[sunting | sunting sumber]

Ngrencak adalah sebuah desa dengan pemahaman islam yang masih cukup kuat, misal di daerah Dusun Wonogondo dan Kasian Barat. Namun, juga tergolong pengelola budaya leluhur yang berbau mistik, seperti Dusun Ngrencak Krajan dan Kasian Timur.