Nezabyvaemyy god 1919

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nezabyvaemyy god 1919
SutradaraMikheil Chiaureli
Ditulis olehMikheil Chiaureli
Aleksandr Filimonov
Vsevolod Vishnevsky
PemeranPavel Molchanov
Mikheil Gelovani
Boris Andreyev
Marina Kovalyova
Ivan Bobrov
Nikolai Komissarov
Yevgeni Samojlov
Andrei Popov
Sergei Lukyanov
Vladimir Kenigson
Viktor Koltsov
L. Korsakov
Viktor Stanitsyn
Mikhail Yanshin
Gnat Yura
SinematograferLeonid Kosmatov
Vitali Nikolayev
Perusahaan
produksi
DistributorMosfilm
Tanggal rilis
1952
Durasi108 menit
NegaraUni Soviet Uni Soviet
BahasaRusia

Nezabyvaemyy god 1919 (bahasa Rusia: Незабываемый 1919-й, Ukraina: Незабутній 1919 рік, Indonesia: Tahun 1919 tak terlupakan) adalah sebuah film drama-sejarah Uni Soviet tahun 1952 yang berdasarkan dalam sandiwara di nama sama karya Vsevolod Vishnevsky. Film ini disutradarai oleh Mikheil Chiaureli dengan skenario tulisan Aleksandr Filimonov dan Vsevolod Vishnevsky. Film ini dikenal untuk pemeran-pemerannya yang merupakan aktor-aktor bintang Uni Soviet: Pavel Molchanov, Mikheil Gelovani, Boris Andreyev, Marina Kovalyova, Ivan Bobrov, Nikolai Komissarov, dan masih banyak lagi. Nezabyvaemyy god 1919 adalah pemimpin box office di Soviet pada tahun 1952, walaupun setelah kematian Stalin pada tahun 1953, akhirnya popularitasnya memudar.

Konsep film ini telah menjadi pengaruh yang penting bagi film-film lainnya setelah itu. Nezabyvaemyy god 1919 memenangkan penghargaan Crystal Globe (Mikheil Chiaureli) dalam Festival Film Internasional Karlovy Vary tahun 1952.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film propaganda Soviet di dua episode tentang penindasan kuat dan kejam Stalin dalam pemberontakan anti-komunis tahun 1919 di St. Petersburg, Rusia. Stalin (Mikheil Gelovani) dan Lenin (Pavel Molchanov) akan ditampilkan sebagai pahlawan yang menghancurkan upaya anti-komunis dipimpin oleh tokoh Rusia Putih dengan dukungan dari kapitalis "buruk" Britania dipimpin oleh Tuan Winston Churchill dan Lloyd George.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]