Neurastenia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Neurasthenia)
Neurastenia
Informasi umum
SpesialisasiPsikiatri, psikologi, Psikoterapi Sunting ini di Wikidata

Neurastenia adalah sebuah istilah yang sudah digunakan sejak 1829 yang mendefinisikan kondisi melemahnya saraf yang sebenarnya, ketimbang "saraf" kiasan yang pernah disebut oleh George Miller Beard.

Dalam istilah psikopatologi, neurastenia digunakan oleh Beard pada 1869.[1]

Neurastenia sekarang menjadi sebuah diagnosis dalam Klasifikasi Penyakit Internasional dari Organisasi Kesehatan Dunia (dan Klasifikasi Penyakit Mental Tiongkok dari Perhimpunan Psikiatris Tiongkok). Namun, kata tersebut tidak lagi menjadi sebuah diagnosis dalam Diagnostik dan Paduan Statistik Penyakit Mental dari Asosiasi Psikiatris Amerika.

Sebagian orang Amerika disebutkan mengidap neurastenia, yang menyebabkan munculnya julukan "Americanitis"[2] (dipopulerkan oleh William James[3]). Istilah lainnya yang lebih jarang digunakan untuk neurastenia adalah nervosisme.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Beard, G (1869). "Neurasthenia, or nervous exhaustion". The Boston Medical and Surgical Journal: 217–221. 
  2. ^ Marcus, G (1998-01-26). "One Step Back; Where Are the Elixirs of Yesteryear When We Hurt?". The New York Times. Diakses tanggal 2008-09-11. 
  3. ^ Daugherty, Greg (25 March 2015). "The Brief History of "Americanitis"". Smithsonian (majalah). Diakses tanggal 6 April 2015. 
  4. ^ http://www.biology-online.org/dictionary/Nervosism

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]