Nennius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nennius – atau Nemnius atau Nemnivus – adalah seorang biarawan Wales dari abad kesembilan. Dia umumnya dikaitkan dengan kepenulisan Historia Brittonum, berdasarkan prolog yang ditempelkan pada karya itu.[1] Atribusi ini dianggap sebagai tradisi sekunder (abad kesepuluh).[2]

Nennius adalah murid Elvodugus, biasanya diidentifikasi dengan uskup Elfodd dari Bangor[3] yang meyakinkan para rahib Inggris untuk menerima penanggalan Kontinental untuk Paskah, dan yang meninggal pada 809 menurut Annales Cambriae.

Nennius dipercaya tinggal di daerah yang dibuat oleh Brecknockshire dan Radnorshire di Powys, Wales saat ini.[4] Dengan demikian, ia tinggal di luar kerajaan Anglo-Saxon, terisolasi oleh pegunungan di masyarakat pedesaan.[5] Karena kurangnya bukti tentang kehidupan Nennius, dia sendiri menjadi subyek legenda. Tradisi Wales termasuk Nennius dengan Elbodug dan lainnya konon lolos dari pembantaian biarawan Wales oleh Æthelfrith pada tahun 613, melarikan diri ke utara.[6]

Hubungan dengan sejarawan dan penulis[sunting | sunting sumber]

  • Gildas – Sejarawan abad keenam yang tinggal di barat daya Inggris. Menulis De Excidio et Conquestu Britanniae, yang sebagian besar berfokus pada sejarah Inggris Kristen tetapi gagal memberikan pandangan mendalam tentang periode Pagan.[7]
  • Beda (Beda Venerabilis) – Tinggal di Northumbria sekitar setengah abad sebelum Nennius. Dia menulis Historia Ecclesiastica Gentis Anglorum (Sejarah Gerejawi Bangsa Inggris) selama bertahun-tahun (selesai 731 atau 732), mencakup deskripsi geografi Kepulauan Inggris dan berfokus pada sejarah Gereja Anglo-Saxon dari misi 597 St. Agustinus meskipun pembukaannya mencakup zaman sebelumnya.
  • William dari Malmesbury – Sejarawan awal abad kedua belas. Mencatat sejarah Inggris dengan menyusun tradisi Anglo-Saxon dan Anglo-Norman. Dia adalah sejarawan Inggris pertama yang menggunakan topografi dan monumen kuno sebagai sumber sejarah.
  • Geoffrey Gaimar – Sejarawan Norman abad kedua belas yang menulis Estoire des Engleis, yang merupakan roman pertama yang diketahui dalam syair vernakular yang ditulis di Inggris.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ J. A. Giles (translator). Nennius: The History of the Britons, in Six Old English Chronicles (1847)
  2. ^ Dumville, David. "British History Club Sources". Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 September 2008. 
  3. ^ Lambdin, Laura C.; Lambdin, Robert T. (2008). Arthurian Writers: A Biographical Encyclopedia - Google Books. ISBN 9780313346828. Diakses tanggal 2018-04-14. 
  4. ^  Lee, Sidney, ed. (1894). "Nennius". Dictionary of National Biography. 40. London: Smith, Elder & Co. hlm. 218. 
  5. ^ Gransden, Antonia. Historical Writing in England. Ithaca, New York: Cornell UP, 1974. 12
  6. ^ Lee, Sidney, ed. "Nennius." Dictionary of National Biography. XL. London: Smith, Elder & Co., 1894. 221
  7. ^ Gransden, Antonia. Historical Writing in England. Ithaca, New York: Cornell UP, 1974.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Gransden, Antonia (1974) Historical Writing in England. Ithaca, NY: Cornell U. P.
  • Dumville, David N. (1975) Nennius and the "Historia Brittonum" in: Studia Celtica, 10/11 (1975/6), 78–95
  • Chadwick, Nora K. (1958) "Early Culture and Learning in North Wales" in her: Studies in the Early British Church
  • Christiane M.J. Kerboul-Vilhon (1999) Historia Brittonum, Nennius

Pranala luar[sunting | sunting sumber]