Negramaro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Negramaro
AsalCopertino, Italy
GenreAlternative rock
Rock
Tahun aktif1999 – saat ini
LabelSugar
Artis terkaitAndro.i.d., Codefish&Tuna
Situs webSitus resmi
AnggotaGiuliano Sangiorgi, Emanuele Spedicato, Ermanno Carlà, Danilo Tasco, Andrea "Andro.i.d." Mariano, Andrea "Pupillo" De Rocco

Negramaro adalah sebuah band beraliran rock Italia yang dibentuk pada tahun 1999 dan sukses sejak tahun 2005. Nama mereka berasal dari Negroamaro, sebuah merk wine yang berasal dari daerah asal mereka, Salento.

Setelah bertahun-tahun berada pada pasar alternatif Italia, mereka menjadi terkenal berkat Festival Sanremo. Sejak saat itu, single dan album mereka termasuk yang paling sukses di Italia.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Debut dan Negramaro[sunting | sunting sumber]

Negramaro dibentuk pada tahun 1999 di Copertino, di dekat Lecce.

Pada mulanya, berkat pertunjukan langsung, mereka mendapat kritikan baik, sampai mereka bertemu dengan produser Caterina Caselli yang menolong mereka untuk merekam musik.

Pada tahun 2001 mereka memenangkan Tim Tour dan menjadi finalis pada MTV Brand New Talent.

Album pertama mereka, "Negramaro", dirilis pada tahun 2003. Musik di dalam album ini termasuk alternatif bagi publik Italia, oleh karena itu, penjualan album ini kurang sukses. Dua single yang dirilis: "Mono" dan "Solo".

000577[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2004 Negramaro bertemu dengan produser Italia Corrado Rustici untuk bekerja pada beberapa lagu. Kolaborasi di antara mereka menghasilkan sebuah track baru, "Scusa Se Non Piango", dan tiga remix dari lagu-lagu sebelumnya: "Es-Senza", "Evidentemente", dan "Come Sempre". Keempat track tersebut ditambahkan dengan lagu-lagu lain dari album pertama mereka untuk membuat "000577", edisi baru dari debut mereka.

Edisi baru ini memberikan kesan yang lebih pop-rock bagi Negramaro, yang lebih cocok dengan publik Italia. Versi 2004 lagu "Come Sempre" dirilis sebagai sebuah singel yang lebih sukses daripada yang pertama, dan terpilih sebagai soundtrack untuk merayakan ulang tahun ke-50 stasiun TV Italia RAI.

Mentre Tutto Scorre[sunting | sunting sumber]

Negramaro melantunkan lagu "Mentre Tutto Scorre" di Festival Sanremo pada tahun 2005, tetapi tereliminasi pada babak pertama. Lagu tersebut merupakan single pertama yang dirilis dari album kedua mereka yang bernama sama dengan single tersebut.

Setelah festival berakhir, delapan dari lagu-lagu mereka dipilih sebagai soundtrack bagi film Italia "La Febbre", yang menampilkan Fabio Volo.

Hal ini menolong Negramaro untuk memulai kesuksesan mereka. Walaupun ada kekecewaan dari Festival Sanremo, single "Mentre Tutto Scorre" sukses. Single kedua mereka, "Estate", bahkan lebih sukses, memberikan grup musik ini posisi #1 chart Italia untuk pertama kalinya. "Solo3min" dan "Nuvole e Lenzuola" mengikuti kesuksesan dari dua single pertama.

Berkat single-single hit, pertunjukan yang bagus, dan kritikan, album "Mentre Tutto Scorre" memperoleh banyak kesuksesan, ditandai dengan 3x platinum di Italia.

Album ini berbeda dengan album yang pertama. Secara keseluruhan, album ini diproduseri oleh Corrado Rustici, dan membawa band ini pada genre pop-rock, bukan gaya klasik alternatif. Perubahan ini memberi mereka kesuksesan di radio-radio, pasar musik, dan fans.

Album ini diikuti dengan DVD "Negramaro Live" pada tahun 2006 setelah tur musik mereka.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Posisi Chart
ITA SWI
2003 Negramaro
  • Album studio pertama
- -
2004 000577
  • Album studio kedua
- -
2005 Mentre Tutto Scorre
  • Album studio ketiga
3 -
2007 La Finestra
  • Album studio keempat
1 96

Single[sunting | sunting sumber]

Tahun Album Single Posisi Puncak
Italia Eropa
2003 Negramaro "Mono" - -
"Solo" - -
"Notturno" (video only) - -
2004 000577 "Come Sempre" (2004 Version) - -
"Es-Senza" (2004 Version) (video only) - -
2005 Mentre Tutto Scorre "Mentre Tutto Scorre" 9 47
"Estate" - -
"Solo3min" - -
2006 "Nuvole e Lenzuola" 18 54
2007 La Finestra "Parlami D'Amore" 2 38
"L'Immenso" - 137
"Senza Fiato" (feat. Dolores O'Riordan) (no video) - -
"Cade La Pioggia" (feat. Jovanotti) 15 140
2008 "Via Le Mani Dagli Occhi" 21 50

Pranala luar[sunting | sunting sumber]