NPO 3

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Nederland 3)
NPO 3
NPO 3 logo
DiluncurkanApril 4, 1988
PemilikNPO
Pangsa pemirsa6.4% (2012, [1])
Slogan"Anders kijken, meer zien"
(Jika tidak terlihat, lihatlah lebih banyak)
NegaraBelanda
Kantor pusatHilversum
Saluran seindukNederland 1
Nederland 2
Situs webnpo3.nl
Televisi Internet
UPC HorizonWatch live (Netherlands only)

NPO 3 (pelafalan dalam bahasa Belanda: [ˌneːdərlɑnd ˈdri]) adalah yang ketiga dan termuda dari saluran televisi terestrial yang dioperasikan oleh organisasi publik penyiaran Belanda NPO dan membawa program yang disediakan oleh asosiasi penyiaran non-profit berbasis anggota. Nederland 3 berorientasi terhadap anak-anak, remaja dan televisi yang inovatif.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nederland 3 didirikan pada tanggal 4 April 1988. Rencana awal adalah untuk saluran televisi publik Belanda ketiga menjadi joint venture dengan lembaga penyiaran publik VRT (saat itu masih disebut BRT), yang akan mengkhususkan diri dalam pemrograman budaya Flemish-Belanda. Namun, rencana ini gagal.

Nederland 3 menjadi tempat dari penyiar VPRO, VARA, RVU, dan NPS, yang semuanya berbagi pandangan progresif. Saluran ini berfokus pada berita, debat, budaya dan televisi yang inovatif. Sebelum malam puncak pemrograman saluran, yang diselenggarakan oleh NPO di bawah label Z@ppelin, ditujukan untuk anak-anak.

Pada bulan September 2006, program saluran televisi NPO itu sedikit berubah. Nederland 3 masih berfokus pada anak-anak selama siang hari. Pada malam hari itu bertujuan untuk menjangkau audiens yang berpikiran terbuka dengan inovatif, televisi pendidikan dan kadang-kadang olahraga . Semua lembaga penyiaran publik Belanda memiliki udara - waktu di Nederland 1, 2, dan 3; program penyiar berorientasi pemuda BNN, bagaimanapun, saat ini disiarkan hanya pada Nederland 3.

Pemrograman[sunting | sunting sumber]

Antara 06:30 dan 19:00, Zappelin/Zapp berorientasi pada anak-anak, ini juga termasuk program-program pendidikan.

Setelah 19:00 pemrograman untuk remaja dan dewasa muda dimulai. Pada hari kerja saluran menyiarkan opera sabun (onderweg naar Morgen) dan talk show (De Wereld Draait Door). Sisanya pemrograman diisi dengan film-film, drama dan komedi (keduanya dibuat oleh lembaga penyiaran publik dan lembaga penyiaran yang diimpor dari luar negeri), dan program sukses seperti Top of the Pops, De Lama's, Spuiten en Slikken dan Raymann is Laat. Hal ini juga menyiarkan Sepak Bola Eropa seperti siaran langsung Liga Champions.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Jaarrapport 2012" (PDF). Stichting Kijk Onderzoek. [pranala nonaktif permanen]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 41°25′01″N 72°53′02″W / 41.41705°N 72.88399°W / 41.41705; -72.88399